Keluarga

Mudah Overthinking? Ketahui 5 Manfaat Mindfulness bagi Otak dan Tubuh

Mudah Overthinking? Ketahui 5 Manfaat Mindfulness bagi Otak dan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Mudah stres, cemas, dan overthinking? Ketahui manfaat mindfulness bagi otak dan tubuh yang bisa Anda terapkan setiap hari.

Mengutip Siloam Hospital, mindfulness adalah teknik melatih diri untuk fokus pada apa yang terjadi di masa kini dengan kesadaran penuh.

Teknik mindfulness seperti memusatkan perhatian pada napas, hingga memindai dan menemukan area ketegangan di tubuh.

Mindfulness adalah menerima pikiran dan perasaan yang berbeda tanpa memberi label baik atau buruk padanya, dikutip dari Psychologs.com.

Lantas, apa saja sih manfaat mindfulness bagi otak dan tubuh? Yuk, kita cari tahu bersama-sama.

Baca Juga: Sering Dilakukan Anak Muda, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak Menurut Ahli

Mengurangi kecemasan

Manfaat mindfulness bagi otak dan tubuh salah satunya dapat mengurangi kecemasan dan mengelola stres jauh lebih efektif.

Sebuah penelitian yang dikutip dari Health menunjukkan, orang-orang melaporkan lebih sedikit gejala kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan setelah rutin melakukan teknik mindfulness ini.

Faktanya, melatih fokus dapat mengubah struktur & fungsi otak, sejalan dengan prinsip neuroplastisitas yang menyatakan bahwa sistem saraf dapat berubah & beradaptasi seiring waktu sebagai respons terhadap masukan.

Sebuah tinjauan studi MRI Fungsional di tahun 2020 yang dilakukan pada orang yang melakukan teknik mindfulness & meditasi secara teratur menemukan ada perubahan aktivitas neurologis di area utama otak yang berkaitan dengan kecemasan & kontrol emosional.

Baca Juga: Punya Insomnia? Dengarkan 6 Jenis Suara Positif yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Menurunkan tingkat depresi

Tahukah Anda, salah satu manfaat terbesar dari mindfulness ialah dapat menurunkan tingkat depresi? Teknik ini juga bukan cuma menurunkan, tapi dapat mencegah gejala depresi muncul di masa mendatang.

Dikutip dari Very Well Mind, terapi kognitif berbasis mindfulness (MBCT) merupakan jenis terapi yang menggabungkan terapi perilaku kognitif (CBT) dengan pengurangan stres berbasis mindfulness (MBSR).

Menariknya lagi, terapi MBCT juga menggabungkan aktivitas lain seperti meditasi, yoga, dan latihan memindai tubuh agar membantu orang jadi lebih sadar & menerima pikiran mereka.

Ini merupakan jenis terapi yang relatif singkat, yakni hanya 8 minggu menggunakan sesi kelompok dengan praktik kesadaran penuh.

Baca Juga: Bikin Mood Bahagia, Ini 8 Makanan yang Dapat Atasi Stres, Kecemasan dan Depresi

Meningkatkan memori otak

teknik mindfulness

Manfaat mindfulness bagi otak adalah peningkatan memori jangka pendek. Saat melakukan terapi mindfulness, maka bagian otak hipokampus, yakni bagian otak yang berhubungan dengan memori, jadi lebih meningkat volumenya setelah rutin berlatih, dikutip dari Sacap Global Education.

Baca Juga: Mudah, Ini Lo 4 Cara Hadapi Monday Blues Biar Enggak Stres

Mengurangi burnout

Tekanan kerja yang terlalu banyak kadangkala membuat para pekerja mudah terkena burnout. Namun, agar hal ini tak terjadi, Anda bisa melakukan teknik mindfulness untuk menyadari apakah diri kita sedang sedih atau stres.

Dengan berlatih mindfulness, maka tubuh akan lebih rileks, serta memungkinkan otak mengisi ulang pikiran sehingga bisa mengurangi kelelahan mental akibat bekerja.

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

Meregulasi emosi lebih baik

Emosi mengendalikan sebagian besar hidup manusia, termasuk cara bicara, respons, hingga perilaku seseorang. Jika emosi tidak dapat dikendalikan dengan baik, maka akan menimbulkan banyak masalah di keseharian.

Mengutip Psychologs, dengan rutin mlakukan mindfulness, maka emosi akan lebih bisa kita kendalikan. Kita juga dapat mendengarkan dari sudut pandang orang lain & menghindarkan diri dari perilaku impulsif yang merugikan.

Teknik mindfulness membuat manusia dapat merespons keadaan buruk dengan tenang tanpa membiarkan emosi menguasai dirinya.

Itu dia kelima manfaat mindfulness bagi otak dan tubuh yang sangat baik dilakukan, terutama bagi orang-orang yang mudah stres dan overthinking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News