Santai

Sudah Tahu Manfaat Manuka Honey Buat Kesehatan? Simak 5 Khasiatnya Ini

Sudah Tahu Manfaat Manuka Honey Buat Kesehatan? Simak 5 Khasiatnya Ini

MOMSMONEY.ID - Pernah mendengar tentang manuka honey? Sudah tahu manfaatnya? Jika belum, simak artikel ini.

Bagi pegiat gaya hidup sehat tentu sudah tak asing lagi dengan manuka honey atau madu manuka yang terkenal karena manfaatnya.

Madu manuka adalah madu gelap asli yang berasal dari New Zealand dan dihasilkan oleh lebah yang menyerbuki bunga semak Manuka.

Madu manuka juga mengandung senyawa aktif yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang membedakannya dengan madu biasa. Apa saja manfaat madu manuka? Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Tentang MSG, Ternyata Bahan Makanan yang Aman Dikonsumsi Loh

Menyembuhkan luka

Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan untuk mengobati luka, luka bakar, koreng, hingga bisul, termasuk madu manuka. Madu menawarkan sifat antibakteri dan antioksidan yang mencegah infeksi pada luka.

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu manuka dapat meningkatkan penyembuhan luka, memperkuat regenerasi jaringan, dan bahkan mengurangi rasa sakit pada penderita luka bakar. Terlebih lagi, madu manuka dapat membantu menyembuhkan luka diabetes.

Merawat kesehatan mulut

Melansir penelitian dari Health Line menunjukkan madu manuka bisa menghambat pertumbuhan bakteri mulut berbahaya yang dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi karena punya sifat antibakteri.

Kandungan gula pada madu manuka berbeda dengan gula pada madu lainnya dan tidak terbukti menyebabkan kerusakan gigi. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa madu manuka efektif menghambat pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya.

Baca Juga: Ini 5 Faktor Kenapa Anda Sering Kentut, Bisa Jadi Stres

Mengurangi jerawat

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat, salah satunya adalah karena faktor  bakteri. Madu manuka punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang efektif untuk mengobati jerawat.

Aktivitas anti-mikroba madu manuka bila digunakan bersama dengan produk ber-pH rendah terkenal bisa melawan jerawat.

Meredakan sakit tenggorokan

Tenggorokan yang sakit karena batuk bisa di reda kan dengan kombinasi dari madu dan lemon. Jenis madu yang aman dan rendah kandungan gula buatan adalah madu manuka.

Menurut data dari laman BBC Good Food, madu manuka tercatat efektif meredakan batuk pada anak-anak dibanding dengan obat batuk pada umumnya. Bahkan, pada perawatan pasien Covid-19 kemarin, madu manuka juga digunakan sebagai salah satu obat alaminya.

Memperbaiki kesehatan usus

Madu manuka bukan hanya bisa berperan sebagai antibakteri saja. Madu manuka juga bisa berperan sebagai probiotik. Hal tersebut karena madu manuka merupakan sumber karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang disebut oligosakarida.

Usus akan menggunakan oligosakarida sebagai sumber makanan yang membantu bakteri ‘baik’ berkembang.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat madu manuka buat kesehatan yang tentunya berbeda dengan jenis madu lainnya. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News