Santai

Cari Tahu 4 Penyebab Metabolisme Tubuh Anda Lambat, Salah Satunya Kurang Tidur

Cari Tahu 4 Penyebab Metabolisme Tubuh Anda Lambat, Salah Satunya Kurang Tidur

MOMSMONEY.ID - Ternyata ini beragam penyebab Anda memiliki metabolisme lambat.

Metabolisme dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing dengan maksimal.

Jika metabolisme berjalan dengan baik maka tubuh mampu memproses kalori yang masuk ke tubuh dan diubah menjadi energi.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga Untuk Penderita PCOS, Aman dan Boleh Dilakukan Rutin

Namun, tak semua orang terlahir dengan memiliki metabolisme tinggi yang baik. Ada beberapa hal yang mempengaruhi metabolisme dan membuatnya jadi lambat.

Beberapa hal yang membuat metabolisme jadi lambat secara umum adalah karena pengaruh umur, jenis aktivitas harian, dan faktor genetik.

Tapi bukan cuma itu saja, ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan metabolisme menjadi lambat. Ini beberapa di antaranya.

Kekurangan karbohidrat

Biasanya saat melakukan diet, beberapa orang kerap melakukan cara yang salah yaitu dengan memangkas habis karbohidrat. Padahal karbohidrat merupakan salah satu sumber makanan yang penting dalam membangun metabolisme tubuh.

Melansir dari laman Web MD, karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk membuat insulin yang di mana insulin juga memiliki peran penting dalam memperlancar proses metabolisme, terutama dalam membantu membakar kalori pada proses metabolisme.

Hormon

Pengaruh internal lainnya yang juga menjadi faktor yang melemahkan metabolisme seseorang adalah hormon. Perubahan hormon yang terjadi pada seseorang akan membuat tubuh menjadi memiliki metabolisme yang lambat.

Sehingga tubuh juga bisa menjadi lebih mudah merasa lelah dan stres yang menjadi trigger lambatnya proses metabolisme tubuh.

Baca Juga: Wajib Tahu 4 Tanda Anda Punya Hormon Seks Tinggi, Yuk Cek di Sini

Kekurangan kalori

Makan dengan jumlah kalori yang sedikit juga bisa memperlambat metabolisme seseorang. Kekurangan asupan kalori menyebabkan tubuh kehilangan sumber untuk mengolah kalori menjadi energi.

Sehingga hal tersebut kemudian membuat tubuh menjadi memiliki metabolisme yang lambat. Selain itu dengan memotong jumlah konsumsi kalori harian terlalu banyak juga bisa membuat proses diet menjadi lebih lambat karena metabolisme yang tidak berjalan lancar.

Kurang tidur

Tidur ternyata juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang. Laman Health Line menjelaskan bahwa dengan mendapatkan waktu tidur saat malam lebih banyak daripada saat siang, bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh seseorang.

Pola tidur yang buruk dan tidak berkualitas pun juga akan mempengaruhi metabolisme tubuh yang membuat tubuh jadi mudah gendut dan mudah terserang penyakit seperti jantung dan diabetes.

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang menyebabkan metabolisme tubuh lambat. Mulai perhatikan lagi, ya.

Selanjutnya: Harga Saham BRMS Melejit, Simak Proyeksi Kinerja Keuangan, Ekspansi & Rekomendasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News