Santai

4 Manfaat Squat buat Tubuh Menurut Penelitian, Bisa Bakar Lebih Banyak Kalori

4 Manfaat Squat buat Tubuh Menurut Penelitian, Bisa Bakar Lebih Banyak Kalori

MOMSMONEY.ID - Jika sudah dilakukan dengan benar, maka ada beberapa keuntungan dan manfaat dari gerakan squat bagi tubu, lo.

Bagi yang sudah aktif berolah raga di gym, tentu sudah tidak asing dengan gerakan squat.

Gerakan squat adalah gerakan yang menargetkan beberapa otot bagian bawah tubuh, seperti otot paha dalam, paha depan, pantat, dan bagian betis.

Tak hanya bagian tersebut, latihan squat pun juga bisa menargetkan beberapa bagian tubuh lainnya seperti bagian perut.

Nah, bagi yang penasaran, ini dia beberapa manfaat melakukan gerakan squat yang akan didapat jika dilakukan secara rutin:

Baca Juga: Usir Bau Badan Tidak Sedap Pakai 4 Makanan Ini, Dijamin Ampuh

Memperkuat otot bawah tubuh

Tubuh bagian bawah adalah bagian tubuh paling besar yang rentan mengalami cedera apalagi seiring bertambahnya umur. Maka dari itu, penting untuk selalu melakukan latihan yang berfokus memperkuat otot tubuh bagian bawah.

Menurut laman Medical News Today, squat jika dilakukan rutin secara efektif akan membantu tubuh menjadi lebih atletis terutama di tubuh bagian bawah. Seperti memperkuat otot pada kaki, paha depan, betis, dan paha belakang.

Mengurangi risiko cedera

Seperti yang diketahui, tubuh bagian bawah adalah bagian tubuh yang paling besar dan berperan dalam melakukan banyak hal mobilitas.

Maka dari itu jika bentuk, keseimbangan, mobilitas, dan postur yang benar tidak dilatih, risiko cedera akan semakin besar.

Melakukan gerakan squat dalam rutinitas latihan secara keseluruhan bisa membantu memperkuat tendon, ligamen, dan tulang, yang menurut American Council on Exercise, dapat membantu mengurangi risiko cedera.

Baca Juga: Agar Tidak Kram, Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Haid Ya

Membakar kalori

Bukan cuma olahraga kardio yang efektif membakar kalori, olahraga squat pun juga salah satunya. Sebab melakukan gerakan gabungan dengan intensitas tinggi seperti squat juga dapat menghancurkan sejumlah kalori dalam jumlah besar.

Menurut Harvard Medical School, orang dengan berat 155 pon dapat membakar sekitar 223 kalori dengan melakukan latihan kekuatan seperti squat selama 30 menit.

Memperkuat otot inti

Melansir laman Health Line, sebuah studi tahun 2018 membandingkan aktivasi otot inti perut selama plank dengan back squat. Hasilnya, gerakan back squat menghasilkan aktivasi yang lebih besar pada otot-otot yang menopang punggung.

Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti merekomendasikan untuk menargetkan otot inti dengan gerakan squat.

Dengan memiliki otot inti yang kuat dapat memudahkan pergerakan sehari-hari, meningkatkan keseimbangan, meredakan nyeri punggung bawah, dan memudahkan menjaga postur tubuh yang baik.

Jika ingin mendapatkan manfaat squat tersebut untuk tubuh, jangan lupa lakukan gerakan squat dengan cara yang benar juga, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News