Keluarga

6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

MOMSMONEY.ID - Saat sedang mengalami gejala kecemasan, manusia pasti akan merasa malas untuk berolahraga. Namun sebenarnya, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk redakan semua gangguan kesehatan mental, termasuk anxiety.

Olahraga kerap dikaitkan dengan kesehatan fisik. Namun banyak orang yang lupa bahwa olahraga juga dapat memperbaiki kesehatan mental.

Dikutip dari Mayo Clinic, olahraga teratur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan mental & emosional seperti:

  • Melepaskan hormon endorfin yang membantu tubuh merasa tenang
  • Mengalihkan pikiran negatif pemicu anxiety & depresi
  • Membuat lebih percaya diri
  • Dapat berinteraksi sosial dengan orang lain
  • Cara pengalihan yang sehat daripada minum alkohol

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Olahraga teratur dapat meredakan gejala anxiety dan depresi sehingga dapat memberikan efek besar bagi hidup. Untukmu yang sedang mengalami stres hingga gejala kecemasan, paksakan dirimu untuk berolahraga.

Berikut beberapa jenis olahraga terbaik untuk redakan gejala anxiety dan depresi yang bisa Anda coba.

Yoga

Yoga

Yoga dikenal sebagai jenis olahraga yang dapat redakan gejala anxiety, stres, hingga depresi. Ini karena yoga menggabungkan olahraga dengan pernapasan terkontrol yang mirip dengan meditasi.

Rutinitas yoga yang menggabungkan meditasi dengan olahraga jika dilakukan rutin, maka akan membantu meningkatkan mental & fisik, dikutip dari Talking Circles Therapy.

Baca Juga: 7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

Berjalan kaki

Tak punya waktu untuk berolahraga? Anda bisa berjalan kaki sebagai salah satu bentuk olahraga sederhana yang dapat meningkatkn mood sekaligus mencegah anxiety datang.

Mengutip dari Fakaza News, berjalan kaki selain dapat meningkatkan kesejahteraan emosional, juga dapat meningkatkan kadar endorfin & serotonin dalam otak yang tugasnya meningkatkan suasana hati.

Menurut penelitian yang dipublikasikan JAMA Psychiatry, aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan kaki dapat menurunkan risiko depresi sebesar 20%.

Baca Juga: Waspada, Inilah 5 Efek Stres yang Muncul pada Wajah Akibat Cemas Tak Terkendali

Menari

Sering diremehkan, menari ternyata adalah jenis olahraga yang pas untuk melawan anxiety dan depresi.

Beberapa jenis tarian ada yang bertempo cepat yang dapat menjadi latihan fisik yang bagus, serta dianggap menyenangkan karena memainkan lagu-lagu favorit kita.

Dengan menari, kepercayaan diri Anda akan meningkat secara bertahap serta dapat mengatasi gejala kecemasan dan depresi berat.

Baca Juga: Atasi Depresi dan Kecemasan, Konsumsi 6 Makanan untuk Perbaiki Kesehatan Mental

Jalan-jalan di alam

Destinasi Wisata Terbaik 2023 Jamaica

Alam dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran. Ini sesuai dengan pernyataan dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 lalu.

Isi dari penelitian tersebut menemukan bahwa orang dewasa muda merasa kecemasannya berkurang sekaligus meningkatkan daya ingatnya setelah berjalan-jalan di alam selama 50 menit.

Penelitian lain yang dikutip dari Health menunjukkan bahwa berjalan-jalan di lingkungan yang hijau, tanah yang subur, atau hutan, dapat menenangkan anxiety.

Baca Juga: Mudah Stres Karena Hal Sepele? Tiru 7 Cara Mengelola Stres Sehari-hari

Berenang

berenang

Berenang disebut sebagai bentuk olahraga terbaik yang dapat redakan gejala anxiety dan depresi. Berenang memaksa otot untuk bernapas lebih dalam sambil menggunakan semua jenis otot (kecil & besar) yang mungkin jarang Anda gunakan selama ini.

Tidak seperti berolahraga di darat, berolahraga di air menciptakan hambatan sekaligus menggerakkan otot tubuh, sehingga ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus melawan gangguan mental, terutama anxiety.

Baca Juga: 5 Cara Mengalahkan Monday Blues, Perasaan Cemas saat Hadapi Hari Senin

Berlari

Berlari adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi gangguan kecemasan & kesehidan karena sifat lari yang memiliki irama sehingga memberikan efek meditatif untuk menjernihkan pikiran & mengurangi perasaan panik.

Berlari juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang disebut runner’s high yang menciptakan rasa euforia dan ketenangan.

Bahkan menurut penelitian di American Journal of Psychiatry mengatakan bahwa olahraga teratur seperti lari memiliki efek yang sama dengan pengobatan depresi berat.

Itu dia beberapa jenis olahraga terbaik yang dapat meredakan gejala anxiety dan depresi. Tak ada salahnya mencoba beragam olahraga di atas saat sedang merasa stres, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News