Keluarga

Punya Insomnia? Dengarkan 6 Jenis Suara Positif yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Punya Insomnia? Dengarkan 6 Jenis Suara Positif yang Bantu Tidur Lebih Nyenyak

MOMSMONEY.ID - Kesulitan tidur nyenyak karena punya banyak pikiran di kepala? Anda bisa mencoba mendengarkan beberapa jenis suara positif yang berikut ini agar bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang dalam dan nyenyak.

Suara berperan penting dalam proses tidur. Suara yang terlalu berisik atau yang terlalu hening bisa memicu kegelisahan sehingga menunda proses tidur.

Maka tak heran banyak orang di dunia ini yang tidur menggunakan alat bantuan seperti suara-suara yang lambat dan menenangkan. Gunanya adalah agar detak jantung melambat dan tubuh jadi lebih rileks sehingga jadi lebih cepat tidur.

Berikut ini Simak aneka jenis suara positif yang bantu tidur lebih nyanyak dan dalam, ini dia.

Baca Juga: 7 Tips Kurangi Ketegangan Otot saat Stres, Mudah dan Dapat Dilakukan Sendiri

Suara ombak

deburan ombak

Suara deburan ombak adalah salah satu jenis suara positif yang menenangkan dan secara alamiah dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Naik turunnya suara yang lembut dan berirama menyerupai car akita bernapas sehingga kita akan merasa nyaman dan tenang saat mendengarnya.

Suara ombak mampu mengubah pola pernapasan sehingga lebih dalam & lambat, yang sangat cocok dengan irama tidur.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Suara hujan

Suara hujan maupun suara aliran air termasuk jenis suara positif yang bantu tidur lebih nyenyak.

Mengutip Fakaza News, suara ini monoton sehingga menimbulkan efek menenangkan. Ini akan membuat otak lebih rileks dan mudah untuk tertidur.

Suara dengungan lembut

Suara dengungan yang lembut memiliki konsistensi yang melintasi semua frekuensi. Efeknya, ini dapat menciptakan suara yang statis dan menenangkan bagi otak.

Beberapa jenis suara positif yang dimaksud adalah seperti suara kipas angin, suara dengungan pesawat, atau suara dengungan lainnya

Semua suara ini dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak terutama bagi Anda yang mengalami insomnia.

Baca Juga: 13 Kode Bahasa Tubuh dan Artinya, Bikin Tahu Emosi dan Perasaan Lawan Bicara

Suara musik

suara positif yang bantu tidur lebih nyenyak

Sebagian orang mungkin akan mendengarkan musik ketika menjelang tidur. Tahukah Anda, sebenarnya musik memang memiliki efek relaksasi kuat pada otak yang bisa bantu tidur lebih nyenyak, dikutip dari Calm.

Tipsnya, pilihlah lagu dengan ritme lambat (60-80 detak per menit) dan harmonis sehingga dapat menghasilkan beberapa efek seperti memperlambat detak jantung, mengendurkan otot kaku, dan menenangkan pikiran.

Baca Juga: 9 Arti Warna Ruangan yang Pengaruhi Psikologis Manusia, Ada yang Bikin Tenang-Cemas

Suara alam

Elang Jawa

Suara alam seperti bunyi angin, kicauan burung, bunyi jangkrik, hempasan angin, hingga gesekan daun di hutan menjadi salah satu jenis suara positif yang bantu tidur lebih nyenyak.

Bunyi-bunyi alami ini dapat membantu membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks tanpa harus benar-benar pergi ke alam bebas.

Jenis suara positif ini memicu tubuh untuk merespons system “istirahat” yang hilangkan stress, kecemasan, dan depresi jika didengarkan secara rutin, dikutip dari Living Sound.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Jet Lag Bagi Anda yang Suka Traveling

ASMR

diet buah 72 jam

Kualitas suara ASMR yang lembut dan menenangkan dapat memberikan perasaan nyaman dan rileks yang ideal sebelum tidur.

Suara ASMR yang dimaksud termasuk suara makan, bisikan, suara ketikan keyboard, dan jenis suara ASMR lainnya

Itulah berbagai jenis suara positif yang bantu tidur jadi lebih nyenyak dan dalam. Anda yang mengalami insomnia bisa mencoba mendengarkan suara-suara di atas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News