Bugar

Mudah, Begini Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung!

Mudah, Begini Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung!

MOMSMONEY.ID - Mual karena asam lambung tinggi merupakan kondisi yang cukup umum dialami banyak orang. Asam lambung yang berlebihan bisa menyebabkan sensasi terbakar di dada (heartburn) dan rasa mual yang tidak nyaman. Bagaimana cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung?

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa mual tersebut. Berikut adalah cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung yang telah Momsmoney rangkumkan dari laman Healthline:

1. Ubah Pola Makan

Mengubah kebiasaan makan adalah langkah pertama yang penting. Hindari makanan yang dapat memicu produksi asam lambung, seperti makanan pedas, berlemak, dan gorengan.

Makanan yang terlalu asam atau terlalu manis juga perlu dihindari. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering, karena makan dalam porsi besar dapat memperburuk produksi asam.

Baca Juga: Hati-hati! Begini Ciri-ciri Usus Buntu dari yang Umum sampai Parah

2. Tinggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Meninggikan kepala saat tidur dapat membantu mencegah refluks asam yang bisa naik ke kerongkongan dan menyebabkan mual. Gunakan bantal tambahan atau naikkan bagian kepala tempat tidur Anda beberapa inci untuk membuat posisi lebih tinggi dari biasanya.

3. Hindari Berbaring Setelah Makan

Berbaring segera setelah makan bisa memperparah refluks asam. Usahakan untuk tidak berbaring paling tidak selama tiga jam setelah makan. Aktivitas ringan setelah makan, seperti berjalan kaki, dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi kemungkinan asam lambung naik.

Baca Juga: Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

4. Batasi Minuman yang Merangsang Asam Lambung

Minuman seperti kopi, alkohol, dan minuman berkarbonasi bisa meningkatkan produksi asam lambung. Kurangi konsumsi minuman-minuman ini atau gantilah dengan minuman yang lebih ramah pada lambung seperti air hangat atau teh herbal.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet setelah makan bisa membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Pastikan permen karet yang Anda konsumsi bebas gula dan tidak mengandung pemanis buatan yang dapat memicu asam lambung.

Baca Juga: Kenali Khasiat Ubi Jalar untuk Asam Lambung yang Tak Banyak Orang Tahu

6. Kenakan Pakaian yang Longgar

Pakaian yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan ekstra pada perut Anda, yang dapat menyebabkan refluks asam dan mual. Pilihlah pakaian yang lebih longgar untuk mengurangi tekanan ini.

7. Gunakan Obat-Obatan

Jika perubahan gaya hidup belum cukup membantu, Anda mungkin memerlukan obat antasid yang dijual bebas untuk mengurangi asam lambung.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang aman dan cocok untuk kondisi Anda, terutama jika Anda mengalami mual karena asam lambung secara teratur.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Mie Instan? Begini Kata Dokter!

Itulah cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Menerapkan cara-cara bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh asam lambung. Namun, konsultasi dengan dokter adalah langkah penting jika kondisi Anda tidak kunjung membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News