Bugar

Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Mie Instan? Begini Kata Dokter!

Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Mie Instan? Begini Kata Dokter!

MOMSMONEY.ID - Asam lambung naik menimbulkan gejala yang mengganggu. Beberapa makanan bisa memperburuk gejalanya. Digadang-gadang mie instan jadi salah satunya. Namun, bolehkah penderita asam lambung makan mie instan sebenarnya?

Cita rasa mie instan memanglah menggugah selera. Baik yang goreng ataupun kuah, keduanya tetap nikmat disantap kapan pun. Ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau bisa didapatkan oleh siapa pun.

Baca Juga: Ayo Cek, Inilah Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru dan Langkah Penanganannya

Namun, melansir dari laman Alodokter, dr. Nadia Nurotul Fuadah menjelaskan, orang yang menderita penyakit asam lambung harus sangat memperhatikan pola makan dan minum mereka untuk menghindari kekambuhan gejala.

Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah mie instan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi mie instan dapat meningkatkan risiko kekambuhan dan memperburuk gejala asam lambung, seperti mual, muntah, rasa perih di ulu hati, sesak napas, kram perut, dan lainnya.

Hal serupa berlaku untuk berbagai jenis makanan lain, seperti gorengan, makanan ultra-olahan, makanan pedas, makanan berlemak, buah yang terlalu asam, sayuran yang menghasilkan banyak gas, minuman berkafein, minuman bersoda, dan produk susu.

Baca Juga: Segudang Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet Turunkan BB!

Komposisi Mie Instan dan Risiko bagi Penderita Asam Lambung

Mie instan adalah makanan yang praktis dan digemari banyak orang. Namun, mie instan mengandung bahan-bahan yang dapat memicu asam lambung, seperti lemak, garam, dan bumbu yang tinggi sodium.

Lemak dalam mie instan dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga makanan bertahan lebih lama di dalam perut dan meningkatkan risiko refluks asam. Sodium yang tinggi dapat menyebabkan retensi cairan, yang juga dapat meningkatkan tekanan dalam perut dan memicu refluks asam.

Baca Juga: Intip Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Lo

Alternatif Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Selain membatasi konsumsi mie instan, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih ramah bagi perut, seperti:

  • Oatmeal, quinoa, dan beras merah yang kaya serat
  • Sayuran hijau
  • Dada ayam tanpa kulit, ikan, dan tahu
  • Pisang, melon, dan apel.

Baca Juga: Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung, Cek Daftar Daun Lainnya di Sini

Demikianlah penjabaran jawaban atas pertanyaan, bolehkah penderita asam lambung makan mie instan atau tidak. Meskipun mie instan adalah makanan yang praktis dan lezat, penderita asam lambung disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsinya.

Memilih makanan yang lebih ramah bagi perut dapat membantu mengelola gejala asam lambung. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan saran makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Diet Dash dari Kemenkes, Membantu Menjinakkan Hipertensi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News