Bugar

Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

Jahe Merah untuk Asam Lambung, Sudah Pernah Mencoba?

MOMSMONEY.ID - Jahe merupakan salah satu bahan alami yang terkenal khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Asam lambung menjadi salah satunya. Ada beberapa jenis jahe, termasuk jahe merah. Namun, apakah ada khasiat jahe merah untuk asam lambung?

Melansir dari Healthline, senyawa fenolik dalam jahe berperan dalam meredakan iritasi di saluran gastrointestinal dan menurunkan kontraksi pada lambung. Ini berarti jahe bisa membantu mengurangi risiko asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Selain itu, jahe diketahui memiliki efek antiinflamasi. Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen jahe menunjukkan penurunan penanda inflamasi dalam satu bulan.

Properti antiinflamasi jahe ini sangat menarik perhatian para peneliti, terutama dalam kaitannya dengan refluks asam, di mana peradangan di kerongkongan merupakan ciri khas dari kondisi tersebut. Jahe juga efektif dalam mengurangi mual, mencegah rasa sakit otot, dan mengatasi pembengkakan.

Baca Juga: Sehat! Konsumsi 7 Buah yang Baik untuk Asam Lambung Ini yuk!

Terkait khasiat jahe merah untuk asam lambung, berikut Momsmoney rangkumkan menyadur dari laman Grid Health:

1. Mengurangi produksi asam lambung

Jahe merah mengandung senyawa seperti gingerol dan shogaol yang efektif dalam menurunkan produksi asam lambung berlebih. Kedua senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan antiasam yang berkontribusi dalam menstabilkan tingkat keasaman di lambung.

2. Merangsang penyembuhan peradangan dan iritasi

Jahe merah mempunyai efek antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan dan iritasi di saluran pencernaan. Ini bermanfaat dalam mengurangi gejala seperti nyeri, sensasi terbakar, dan ketidaknyamanan yang sering terjadi akibat asam lambung.

3. Meningkatkan proses pencernaan

Gangguan pencernaan sering kali memperburuk gejala asam lambung. Jahe merah mendukung peningkatan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan mempercepat pemrosesan makanan di dalam tubuh.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Lambung Makan Mie Instan? Begini Kata Dokter!

4. Mengoptimalkan pergerakan usus

Penumpukan gas dalam saluran pencernaan dapat mempengaruhi asam lambung. Jahe merah, dengan sifat karminatifnya, membantu mengurangi pembentukan gas serta merangsang pergerakan usus, sehingga membantu mencegah penumpukan gas yang bisa memicu gejala asam lambung.

5. Perlindungan terhadap sel-sel lambung

Zingeron dan zingiberene adalah dua senyawa dalam jahe merah yang memberikan perlindungan pada sel-sel lambung. Mereka membantu melindungi lapisan mukosa lambung dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh kelebihan asam.

Nah, itulah ulasan mengenai khasiat jahe merah untuk asam lambung. Jadi, jahe memang memiliki khasiat untuk asam lambung. Anda dapat menjadikannya sebagai minuman untuk meredakan gejala asam lambung.

Jahe bisa dikonsumsi mentah, direndam dalam air hangat untuk membuat teh jahe, atau ditambahkan ke dalam berbagai hidangan seperti sup, tumisan, salad, dan banyak lagi.

Salah satu komponen kimia dalam jahe digunakan dalam beberapa jenis antasida. Selain itu, jahe juga tersedia dalam bentuk bubuk, kapsul, minyak, atau teh.

Penting untuk diingat bahwa konsumsi jahe sebaiknya dalam jumlah moderat. Sekitar empat gram jahe, kurang lebih sedikit dari seperdelapan cangkir, umumnya cukup untuk mendapatkan manfaatnya tanpa memperparah gejala.

Anda juga bisa membagi jumlah ini menjadi beberapa dosis yang dikonsumsi sepanjang hari. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News