Keluarga

Mengenal Perbedaan Teknik Memasak Roasting & Baking dalam Dunia Kuliner

Mengenal Perbedaan Teknik Memasak Roasting & Baking dalam Dunia Kuliner

MOMSMONEY.ID - Roasting berbeda dari baking. Lantas, apa, sih, perbedaan keduanya dalam dunia kuliner?

Meski memiliki kesamaan yang berarti “dipanggang”, namun teknik memasak roasting dengan baking sangat berbeda. Terdapat beberapa hal yang secara jelas membedakan keduanya.

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan roasting dengan baking, simak terlebih dahulu definisi keduanya. Melansir dari The Kitchn, Martha Stewart, dan The Spruce Eats, selengkapnya.

Baca Juga: Salted Butter vs Unsalted Butter, Perbedaan 2 Tipe Mentega untuk Segala Jenis Masakan

Teknik memasak roasting

Roasting adalah salah satu teknik memasak menggunakan metode panas kering. Makanan dipanggang di atas api secara terbuka, oven terbuka, ataupun sumber panas lainnya. Makanan yang dimasak bersentuhan langsung dengan api.

Biasanya, makanan yang dimasak menggunakan teknik roasting adalah daging-dagingan.

Suhu pada teknik roasting biasanya berkisar sekitar 204,4 derajat Celcius atau bahkan lebih. Teknik memasak ini akan menciptakan bagian luar roti/daging jadi kecoklatan & beraroma khas.

Tujuan memasak menggunakan teknik roasting adalah agar makanan yang dimasak dapat terkaramelisasi (berubah menjadi kecoklatan).

Baca Juga: Nasi Padang vs Nasi Kapau: Beda Isian Menu, Rasa, hingga Tata Letak Masakan

Teknik memasak baking

Daftar istilah baking

Baking adalah salah satu teknik memasak menggunakan metode panas kering, namun tanpa bersentuhan langsung dengan api.

Teknik memasak baking menggunakan suhu yang berbeda, yakni 190 derajat Celcius. Biasanya dilakukan dalam oven konvensional.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Tepung Terigu: Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Perbedaan Roasting vs Baking

1. Suhu

Meski sama-sama melibatkan metode memasak panas kering (tanpa menggunakan air ataupun minyak), namun keduanya menggunakan suhu yang berbeda.

Teknik memasak roasting menggunakan suhu 204 - 232 derajat Celcius. Sementara teknik memasak baking bersuhu 160-180 derajat Celcius.

Teknik Memasak Roasting

2. Jenis makanan

Teknik roasting biasanya digunakan untuk jenis makanan yang bertekstur padat & memiliki lemak seperti daging-dagingan, termasuk ikan hingga unggas.

Tapi tak hanya itu, sayur-sayuran seperti kol, ubi jalar, hingga brokoli pun dapat dimasak dengan teknik roasting dengan sedikit bantuan garam & minyak.

Sementara teknik baking digunakan untuk memasak jenis makanan seperti roti hingga pastry. Baking mengubah bahan-bahan yang tadinya cair menjadi padat. Contohnya, adonan cair menjadi kue.

Baca Juga: 5 Bahan Pengganti Minyak yang Bisa Digunakan untuk Baking, Hasilnya Super Mirip

3. Alat masak

Teknik memasak roasting biasanya dilakukan dalam pan atau oven yang terbuka. Teknik memasak ini membuat makanan yang dimasak dapat bersentuhan langsung dengan api.

Sementara teknik memasak baking dilakukan dalam oven tertutup. Ini membuat makanan yang dimasaknya tidak dapat bersentuhan langsung dengan api.

Itulah sederet perbedaan teknik memasak roasting dan baking yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News