Keluarga

5 Bahan Pengganti Minyak yang Bisa Digunakan untuk Baking, Hasilnya Super Mirip

5 Bahan Pengganti Minyak yang Bisa Digunakan untuk Baking, Hasilnya Super Mirip

MOMSMONEY.ID - Meskipun minyak adalah bahan penting untuk banyak resep, namun untuk proses baking, Moms dapat mengganti minyak dengan beberapa bahan alternatif berikut ini.

Biasanya, fungsi minyak dalam proses baking adalah untuk menjaga kelembapan kue yang dibuat. Namun, beberapa bahan berikut ini juga memiliki fungsi bahkan rasa yang mirip dengan minyak.

Berikut intip beberapa bahan pengganti minyak terbaik untuk proses baking, selengkapnya.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Shortening

Shortening atau mentega putih bisa jadi salah satu bahan pengganti minyak yang cocok untuk baking.

Caranya, cukup panaskan mentega putih dengan api kecil hingga cair, kemudian pindahkan ke mangkuk. Biarkan dingin dan gunakan untuk baking.

Alpukat

Alpukat

Baca Juga: Nasi Padang vs Nasi Kapau: Beda Isian Menu, Rasa, hingga Tata Letak Masakan

Alpukat mengandung lemak alami yang kandungannya ternyata mirip dengan minyak. Kelebihan dari alpukat, ia dapat menambahkan rasa lembut pada makanan yang dipanggang.

Gunakan perbandingan 1:1 utnuk menukar minyak dengan alpukat segar yang telah encer di jus.

Warna buah juga dapat mempengaruhi resep. Jadi, gunakan alpukat hanya pada makanan yang berwarna gelap seperti Brownies & Kue cokelat.

Yogurt

Jangan salah, ternyata yogurt merupakan salah satu bahan pengganti minyak yang bisa digunakan untuk baking.

Yogurt memberi kelembapan dalam kue & menjaga kalori agar tetap stabil. Dalam beberapa kasus, menurut Insanely Good Recipes, yogurt membuat kue lebih mengembang ketika bereaksi dengan soda kue.

Yogurt sangat cocok ditambahkan ke dalam bahan pembuatan kue pisang.

Baca Juga: Salted Butter vs Unsalted Butter, Perbedaan 2 Tipe Mentega untuk Segala Jenis Masakan

Tofu sutra

Egg Tofu

Tofu ternyata cocok jadi salah satu bahan untuk baking. Namun tofu lebih cocok digunakan pada makanan yang memiliki rasa kuat seperti coklat.

Melansir Shane & Simple, gunakan 1/3 cup silken tofu untuk menggantikan setiap ½ cup minyak. Blender tofu hingga menjadi bubur untuk bisa mengubahnya menjadi brownies, kue coklat, dan muffin.

Baca Juga: 5 Bahan Alternatif Pengganti Saus Sambal, Ada Harissa hingga Pasta Kari Merah

Produk susu

Mayones

Baca Juga: Daftar Istilah Baking yang Harus Dikuasai Pemula Sebelum Belajar Masak

Beberapa produk susu dapat menggantikan minyak dalam baking. Beberapa produk tersebut di antaranya seperti buttermilk, mayones, sour cream, hingga Yogurt Yunani.

Kebanyakan bahan-bahan tersebut bisa saling menggantikan satu sama lain dalam banyak resep berbeda. Maka tak heran bahan di atas bisa digunakan sebagai pengganti minyak.

Namun mayones sebenrnya adalah bahan yang paling memberikan hasil sangat mirip dengan minyak, serta dapat mempertahankan cita rasa kue.

Itulah beberapa daftar bahan pengganti minyak untuk baking. Moms bisa gunakan bahan-bahan di atas agar hasil kuemu jadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News