Keluarga

Mengenal Berbagai Jenis Ubin untuk Rumah, Dijamin Menawan!

Mengenal Berbagai Jenis Ubin untuk Rumah, Dijamin Menawan!

MOMSMONEY.ID - Ubin adalah salah satu komponen yang sangat umum ditemukan di suatu hunian, entah di lantai maupun dindingnya.

Jika Anda ingin membuat rumah tampil apik tanpa menambahkan terlalu banyak dekorasi, ubin adalah jawabannya. Cukup gunakan ubin dengan berbagai gaya dan warna, rumah Anda pun akan langsung terlihat berbeda.

Nah, sebelum mulai memasang ubin di rumah, sebaiknya kenali dulu beberapa jenis ubin berdasarkan bahannya yang banyak beredar di pasaran. Dirangkum dari Home Stratosphere dan Real Simple, ini dia penjelasannya.

Baca Juga: Anti Mager, Ini 5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Saat Liburan

Keramik

Ubin keramik

Terbuat dari tanah liat yang dibentuk, dibakar, dan dipoles, keramik merupakan jenis ubin yang paling populer digunakan di hunian-hunian Indonesia.

Dibandingkan jenis ubin lainnya, ubin keramik memang menawarkan berbagai keunggulan, seperti harga yang terjangkau, mudah ditemui di mana-mana, memiliki banyak variasi bentuk dan warna, hingga bisa digunakan di bagian rumah mana pun.

Marmer

Ubin marmer

Jika Anda menginginkan tampilan rumah yang elegan dan mewah, ubin marmer bisa menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari batu alam, marmer menghadirkan banyak pilihan warna yang terlihat klasik dan ampuh membuat rumah terlihat apik dengan seketika.

Namun, ubin marmer sangat mudah menyerap noda dan cairan karena sifatnya yang berpori. Oleh karena itu, hindari penggunaan ubin ini di bagian luar rumah dan gunakan sealer alias cairan pelapis untuk meminimalisir risiko terkena noda.

Granit

Ubin granit

Hampir sama dengan marmer, granit merupakan jenis ubin berpori yang berasal dari batu alam. Namun, berbeda dengan marmer yang memiliki motif bergaris, granit memiliki motif yang berbintik pada permukaannya.

Ubin granit sangat cocok digunakan pada area yang sering dilalui penghuni rumah, karena durabilitas atau daya tahannya yang cukup tinggi. Pilihan warnanya juga beragam, sehingga Anda bisa memilih ubin dengan gaya yang diinginkan.

Baca Juga: Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Membersihkan Kulkas

Kayu

Ubin kayu

Banyak digunakan pada rumah-rumah modern yang minimalis, ubin kayu hadir dalam berbagai pilihan, mulai dari ubin hardwood yang terbuat dari kayu asli, hingga faux wood yang tampilannya bisa menyerupai kayu asli, tapi lebih tahan lama.

Ubin kayu memang menawarkan tampilan yang klasik sekaligus natural. Oleh karena itu, ubin kayu bisa dipilih jika Anda menginginkan rumah yang terlihat sederhana, tapi tetap hangat dan nyaman ditempati.

Baca Juga: 5 Trik Membuat Rumah Terasa Lebih Luas dengan Keramik

Kaca

Ubin kaca

Jangan salah, kaca juga banyak digunakan sebagai bahan ubin, lo. Ubin kaca justru menawarkan tampilan rumah yang aesthetic, simpel, dan bersih.

Karena termasuk material yang mudah retak dan pecah, ubin kaca kurang disarankan untuk area seperti lantai dapur dan kamar mandi. Anda pun bisa menggunakan ubin kaca pada area low-traffic alias minim sentuhan, seperti backsplash dapur atau permukaan meja yang jarang digunakan.

Batu

Ubin batu

Terakhir, ada ubin batu yang hadir dalam berbagai pilihan, seperti limestone (batu kapur), slate (batu sabak), dan masih banyak lagi.

Identik dengan warna netral seperti abu-abu atau putih, ubin batu bisa menghadirkan tampilan rumah yang terlihat natural, sejuk, sekaligus nyaman. Beberapa jenis ubin batu juga cocok digunakan di area yang sering terkena air, misalnya kamar mandi.

Itulah beberapa jenis ubin yang biasa digunakan di dalam rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News