Bugar

Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

MOMSMONEY.ID - Untuk mempercepat metabolisme, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Apa saja makanan terbaik untuk meningkatkan metabolisme?

Metabolisme yang lebih cepat dapat membantu tubuh membakar kalori lebih efisien, bahkan saat istirahat. 

Dikutip dari Alodokter, semakin cepat metabolisme seseorang, semakin banyak kalori yang terbakar. Ini berarti kalori tidak akan menumpuk menjadi lemak dalam tubuh.

Oleh karena itu, meningkatkan metabolisme dapat menjadi cara efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Menyadur dari Healthline, di bawah ini telah MomsMoney rangkumkan beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan metabolisme Anda:

1. Makanan kaya protein

Makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, serta kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu mempercepat metabolisme Anda. Ini terjadi karena tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk mencerna protein yang ada dalam makanan tersebut.

Proses ini dikenal sebagai efek termal makanan atau termogenesis yang diinduksi oleh diet. Efek ini dapat meningkatkan metabolisme Anda sekitar 15-30% ketika Anda makan protein, sementara lemak hanya meningkatkan 0-3% saja.

Baca Juga: Pejuang Diet Harus Tahu! Inilah Menu Diet Malam Hari yang Dapat Dicoba

2. Makanan kaya mineral

Zat besi dan selenium adalah mineral penting yang mendukung fungsi tiroid yang sehat, yang penting untuk metabolisme. Makanan seperti daging, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan mineral ini dan dapat membantu mengoptimalkan produksi hormon tiroid.

3. Cabai

Capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Konsumsi cabai juga dapat membantu mengurangi asupan kalori dan meningkatkan pembakaran lemak.

Baca Juga: Bongkar 9 Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

4. Kopi

Kafein dalam kopi diketahui meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak, terutama sebelum melakukan aktivitas fisik. Dalam hal ini, efeknya bisa berbeda-beda tergantung pada masing-masing individu.

5. Teh

Katekin dalam teh hijau, oolong, dan matcha bekerja bersama dengan kafein untuk meningkatkan oksidasi lemak dan pembakaran kalori. Teh ini juga membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan sebagai energi lebih efisien.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

6. Kacang-kacangan dan legum

Tinggi protein, kacang-kacangan dan legum seperti lentil, kacang polong, kacang hitam, dan kacang tanah meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh karena efek termalnya yang tinggi.

7. Jahe

Jahe dapat meningkatkan metabolisme dan memiliki manfaat dalam pengelolaan berat badan dan metabolisme energi. Konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan kalori yang dibakar dan mengurangi rasa lapar.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Intip Khasiat Pare untuk Kesehatan di Sini

8. Kakao

Flavonoid dalam kakao dan produk turunannya seperti cokelat hitam dapat mendukung proses metabolisme dan membantu mengurangi risiko gangguan metabolik dan kardiovaskular.

9. Air

Minum air yang cukup bisa meningkatkan metabolisme sementara sebesar 24-30%, sebagian karena energi yang diperlukan untuk memanaskan air ke suhu tubuh.

Baca Juga: Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

10. Rumput laut

Kaya yodium, rumput laut mendukung fungsi tiroid yang sehat dan regulasi metabolisme. Fucoxanthin yang ditemukan dalam rumput laut cokelat juga bisa meningkatkan metabolisme lipid.

Itulah daftar makanan terbaik untuk meningkatkan metabolisme Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Allo Bank (BBHI) Gandeng Mega Insurance Untuk Program Asuransi Kecelakaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News