Bugar

Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

MOMSMONEY.ID - Rendah kalori, berikut ini beberapa rekomendasi sayur yang bagus untuk diet penurunan berat badan Anda.

Diet yang kaya serat dan rendah kalori seringkali menjadi kunci untuk menurunkan berat badan secara efektif. Salah satu cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan meningkatkan konsumsi sayuran.

Sayuran tidak hanya rendah kalori, tetapi juga kaya akan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan. Apa saja sayur yang bagus untuk diet?

Merangkum dari laman Eating Well dan Nutrisense, berikut adalah beberapa jenis sayur yang bagus untuk diet penurunan berat badan Anda:

1. Brokoli

Brokoli merupakan pilihan tepat jika ingin mengatur asupan kalori karena hanya mengandung 55 kalori per cangkir saat dimasak. Tingginya kandungan serat dalam brokoli mendukung pencernaan yang sehat dan dapat mengurangi risiko makan berlebihan.

Kaya akan vitamin C, K, kalium, kalsium, dan folat, brokoli juga merupakan bagian dari keluarga cruciferous, yang dikenal dengan potensial efek anti-inflamasi dan anti-kanker.

Baca Juga: Tinggi Purin, Inilah Daftar Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

2. Kubis Brussel

Sayuran ini hanya mengandung sedikit kalori namun penuh dengan nutrisi penting, termasuk 4,1 gram serat per cangkir. Kubis Brussel adalah sumber yang kaya vitamin C, K, dan folat, serta mangan yang penting dalam proses pembentukan tulang dan metabolisme.

3. Bayam

Bayam adalah pilihan yang kaya nutrisi dan rendah kalori, dengan hanya sekitar 41 kalori per cangkir dan mengandung 4,3 gram serat. Bayam adalah sumber yang baik untuk vitamin A, K, dan folat, serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin.

Tingginya zat besi yang terkandung di bayam juga mendukung fungsi hematopoietik dan pencegahan anemia.

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata Ini 9 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

4. Wortel

Wortel adalah sumber serat yang bagus, dengan 4,7 gram per cangkir, kaya akan vitamin C dan K, serta beta-karoten. Wortel adalah pilihan camilan yang baik untuk diet karena rendah kalori namun memberikan rasa kenyang.

5. Asparagus

Dengan hanya sekitar 40 kalori per cangkir, asparagus adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang fokus pada penurunan berat badan. Asparagus mengandung 3,6 gram serat per cangkir. Selain itu, asparagus kaya akan vitamin A, C, K, dan folat.

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

6. Paprika

Paprika hanya memiliki sekitar 37 kalori per cangkir dan sangat baik untuk menambahkan rasa makanan tanpa membebani total kalori harian. Tinggi serat, paprika juga kaya akan antioksidan dan vitamin seperti C dan B6.

7. Zucchini

Zucchini hanya mengandung sekitar 32 kalori per cangkir dan kaya akan air yang membantu hidrasi serta rasa kenyang. Zucchini sangat serbaguna dalam penggunaannya dan kaya akan vitamin C, B6, dan mineral seperti kalium.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

8. Kubis

Kubis hanya mengandung sekitar 35 kalori per cangkir dan 2,9 gram serat. Ini menjadikannya tambahan yang tepat untuk berbagai hidangan. Kubis juga kaya akan vitamin C dan K serta memiliki antioksidan yang mungkin memberikan manfaat anti-inflamasi dan anti-kanker.

9. Kembang Kol

Dengan hanya 25 kalori per cangkir, kembang kol adalah alternatif rendah kalori dan bisa menggantikan bahan kalori tinggi dalam resep makanan. Kembang kol juga sumber serat yang baik serta kaya vitamin C, K, dan kalium.

Baca Juga: Selai Kacang untuk Diet Tubuh, Bagus atau Tidak ya?

10. Edamame

Edamame adalah makanan yang cocok untuk diet penurunan berat badan karena mengandung kombinasi protein dan serat yang tinggi, dengan 8,1 gram serat dan 18 gram protein per cangkir.

Edamame dikenal sebagai sumber protein lengkap, mengandung semua sembilan asam amino esensial, dan juga kaya akan antioksidan seperti isoflavon.

Nah, itulah beberapa sayur yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam menu diet Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News