Bugar

Bongkar 9 Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Bongkar 9 Rahasia Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah. Tetapi dengan strategi yang tepat, Anda bisa mencapai tujuan tersebut lebih cepat dan efektif. Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat?

Menyadur dari laman Medical News Today, di bawah ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat yang dapat Anda coba:

1. Puasa intermiten (Intermittent Fasting - IF)

Puasa intermiten adalah metode diet yang melibatkan periode berpuasa yang bergantian dengan periode makan. Praktik ini tidak menekankan pada jenis makanan yang dikonsumsi, melainkan kapan Anda seharusnya makan.

Beberapa pendekatan populer termasuk metode 16/8, yang membatasi asupan makan hanya dalam jendela waktu 8 jam setiap hari dan berpuasa selama 16 jam, serta Diet 5:2, di mana Anda mengonsumsi hanya sekitar 500-600 kalori selama dua hari dalam seminggu.

Riset menunjukkan bahwa IF yang berlangsung hingga 26 minggu bisa seefektif diet kalori rendah untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 10 Khasiat Minyak Wijen untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

2. Melacak asupan makanan dan aktivitas fisik

Dokumentasi harian dari makanan yang dikonsumsi dan kegiatan fisik bisa meningkatkan kesadaran dan motivasi untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kebiasaan melacak ini dapat mempengaruhi penurunan berat badan secara signifikan.

3. Makan dengan fokus

Makan dengan fokus penuh, menghindari gangguan, dan mengonsumsi makanan secara perlahan dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang sinyal lapar dan kenyang serta menghindari makan berlebih.

Baca Juga: Apakah Daun Salam Bisa Menurunkan Kolesterol? Yuk, Cek Faktanya

4. Konsumsi protein yang tinggi

Protein membantu mengatur hormon nafsu makan yang membuat Anda merasa lebih kenyang. Mengonsumsi protein tinggi seperti telur, quinoa, atau yogurt di pagi hari bisa membantu mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

5. Mengurangi gula dan karbohidrat olahan

Mengurangi asupan gula dan karbohidrat olahan dapat mengurangi risiko obesitas. Ganti produk olahan dengan biji-bijian utuh dan makanan lain yang kaya nutrisi untuk mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat, Catat ya!

6. Makan serat yang tinggi

Diet tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan. Makanan kaya serat termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

7. Menyeimbangkan bakteri usus

Makanan yang meningkatkan bakteri baik dalam usus seperti makanan fermentasi atau prebiotik dapat membantu manajemen berat badan. Makanan seperti kimchi, yogurt, dan makanan tinggi serat dapat mendukung kesehatan usus.

Baca Juga: Solusi untuk Turun BB, Ini 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Anda

8. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebaiknya Anda tidur dengan rentang waktu 7-8 jam setiap hari untuk mencukupi kebutuhan tidur. Kualitas tidur yang baik juga membantu mengatur metabolisme dan hormon yang mengendalikan nafsu makan.

9. Mengelola stres

Pengelolaan stres yang efektif bisa mengurangi kebiasaan makan yang disebabkan oleh stres. Praktik seperti yoga, meditasi, dan menghabiskan waktu di alam dapat membantu mengurangi stres dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata Ini 9 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News