Bugar

Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

Jam Makan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

MOMSMONEY.ID - Selain memilih makanan yang tepat, penderita asam lambung juga disarankan untuk mengatur jam makan setiap harinya. Lantas, jam makan yang baik untuk penderita asam lambung pukul berapa saja?

Melansir dari laman Halodoc, salah satu faktor yang memicu naiknya asam lambung adalah frekuensi dan jam makan yang tidak teratur dalam sehari.

Disarankan bagi penderita asam lambung untuk sarapan sebelum jam 9 pagi, makan siang sekitar jam 12 atau 1, dan menutup hari dengan makan malam antara jam 6 hingga 7. Waktu makan ini diatur agar sesuai dengan periode pengosongan lambung yang memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

Selain itu, setelah sarapan atau makan siang, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi camilan sehat yang kaya akan serat seperti pepaya atau melon. Jenis makanan ini dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama.

Baca Juga: 17 Makanan Penurun Gula Darah yang Layak Dicoba, Penderita Diabetes Catat ya!

Itulah jam makan yang baik untuk penderita asam lambung. Anda dapat menjadikannya sebagai acuan untuk makan tepat waktu dan teratur, ya.

Melansir dari Healthline, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk asam lambung yang dapat Anda konsumsi:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan gejala GERD seperti heartburn. Jahe dapat digunakan dalam berbagai cara, seperti diseduh menjadi teh atau dimasukkan ke dalam masakan untuk membantu meredakan peradangan dan mual.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan yang bagus untuk penderita asam lambung karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dapat membantu menyerap asam lambung dan mengurangi gejala GERD.

Oatmeal juga merupakan sumber energi yang baik dan mudah dicerna, menjadikannya pilihan ideal untuk memulai hari.

Baca Juga: Beras Merah untuk Diabetes Atur Gula Darah, Ini Porsi yang Tepat untuk Dikonsumsi

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, kale, dan bayam kaya akan serat dan rendah lemak. Makanan ini tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga memiliki efek basa yang dapat membantu menetralkan kelebihan asam lambung dan mengurangi gejala refluks.

4. Pisang

Pisang merupakan buah yang baik untuk penderita asam lambung karena sifatnya yang alami bersifat antasid, yang dapat membantu menenangkan dinding perut dan mengurangi iritasi akibat asam lambung. Pisang juga merupakan camilan sehat yang kaya potasium.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

5. Daging ayam dan kalkun

Daging tanpa lemak seperti ayam dan kalkun adalah pilihan protein yang baik untuk penderita GERD. Daging ini harus dimasak dengan metode yang sehat seperti dipanggang, direbus, atau dikukus tanpa menggunakan banyak minyak atau bumbu yang pedas.

6. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk di area esofagus dan perut. Memilih ikan seperti salmon, makarel, atau sarden dapat memberikan manfaat ganda bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: 10 Makanan Pemicu Asam Lambung yang Sebaiknya Anda Hindari, Apa Saja?

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang dapat membantu mengurangi gejala GERD. Lemak baik dalam alpukat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko asam lambung. Namun, karena kandungan lemaknya yang tinggi, konsumsilah secukupnya.

Semoga informasi terkait jam makan yang baik untuk penderita asam lambung serta rekomendasi makanannya ini bermanfaat untuk Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News