Bugar

10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Rambut

10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Mau rambut sehat? Konsumsi makanan terbaik untuk menjaga kesehatan rambut ini, yuk.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kesehatan rambut sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan. Nutrisi yang tepat dapat memberikan kekuatan dan bahkan mempromosikan pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Di bawah ini MomsMoney telah merangkumkan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda, merangkum dari WebMD dan Women Health:

1. Salmon

Salmon adalah makanan super untuk pertumbuhan rambut, berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya omega-3 bisa meningkatkan kepadatan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber lemak sehat yang baik untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Kenari, almond, dan kacang mete kaya akan berbagai vitamin dan zink yang bisa mencegah kerontokan rambut.

3. Telur

Telur adalah sumber biotin yang sangat baik, yang terkenal dengan peranannya dalam mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Telur juga mengandung zink dan selenium, nutrisi penting untuk kesehatan rambut.

Baca Juga: Wajib Tahu Dampak Buruk Begadang Ini, Studi Sebut Bisa Mempersingkat Umur

4. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat serta menjaga kelembapan rambut agar tidak mudah patah.

5. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, antioksidan yang tubuh ubah menjadi vitamin A. Vitamin A membantu melindungi terhadap rambut kering dan kusam serta mendorong kelenjar di kulit kepala untuk menghasilkan sebum.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Mpox atau Cacar Monyet? Ini Ulasan Lengkapnya

6. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, yang meningkatkan sirkulasi darah dan membantu folikel rambut bekerja lebih efektif. Alpukat juga kaya lemak sehat yang mendukung kesehatan kulit kepala.

7. Yoghurt

Yogurt Yunani kaya akan protein, elemen penting untuk rambut. Selain itu, kandungan vitamin B5 di dalamnya bisa membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut, sekaligus melawan penipisan rambut.

Baca Juga: Madu untuk Asam Lambung yang Ampuh, Ada Madu Manuka

8. Jambu Biji

Jambu biji sangat kaya akan vitamin C yang melindungi rambut dari kerusakan. Satu cangkir jambu biji mengandung lebih dari empat kali lipat kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan.

9. Unggas tanpa Lemak

Protein adalah penting untuk pertumbuhan rambut. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup protein, rambut bisa berhenti tumbuh. Unggas tanpa lemak seperti ayam atau kalkun adalah sumber protein yang sangat baik.

Baca Juga: Minuman yang Cocok untuk Asam Lambung Anda, Intip Daftarnya di Sini yuk

10. Tiram

Tiram sangat kaya akan seng, mineral yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan rambut sehat. Kekurangan seng bisa menyebabkan rambut rontok, bahkan pada bulu mata.

Demikianlah ulasan terkait makanan terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News