Bugar

10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Cegah tumpukan plak, yuk, coba konsumsi makanan pembersih pembuluh darah berikut ini.

Pembuluh darah yang bersih penting untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang baik. Tertumpuknya plak dan kolesterol dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Menyadur dari Hello Sehat, di bawah ini adalah makanan pembersih pembuluh darah yang dapat Anda coba:

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane yang membantu tubuh menggunakan protein untuk menghambat plak di arteri. Vitamin K dalam brokoli juga penting untuk mencegah plak menumpuk di arteri dan seratnya membantu menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Mpox atau Cacar Monyet? Ini Ulasan Lengkapnya

2. Bayam

Bayam kaya akan kalium, folat, dan serat yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri. Bayam juga bisa menurunkan kadar homosistein, yang mengurangi risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis.

3. Asparagus

Penelitian menunjukkan bahwa asparagus adalah sayuran yang bisa mencegah penyakit jantung karena kaya serat dan mineral.

Asparagus juga meningkatkan produksi glutathione, antioksidan yang melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh, Batasi Konsumsinya ya

4. Ikan

Jenis ikan seperti salmon, tuna, tenggiri, dan sarden kaya akan lemak sehat. Omega-3 dalam ikan ini meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida, serta mencegah peradangan dan pembentukan gumpalan darah di arteri.

5. Kacang almond dan kenari

Kacang-kacangan ini telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kacang almond kaya vitamin E, serat, dan protein yang mencegah kolesterol tinggi, sementara magnesiumnya mencegah plak dan menurunkan kolesterol secara menyeluruh.

6. Alpukat

Alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Vitamin E di dalamnya juga mencegah oksidasi kolesterol, yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan aterosklerosis.

Baca Juga: Wajib Tahu Dampak Buruk Begadang Ini, Studi Sebut Bisa Mempersingkat Umur

7. Semangka

Semangka mengandung asam amino L-sitrulin yang meningkatkan produksi nitrat oksida. Kandungan tersebut dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks, menurunkan peradangan, dan menurunkan tekanan darah.

8. Buah-buahan sitrus

Jeruk dan lemon kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan dan mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

9. Buah beri

Buah beri seperti blueberry dan stroberi kaya akan antioksidan yang mencegah penyumbatan arteri dengan mengurangi kolesterol, mengatasi peradangan, dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

10. Tomat

Tomat dapat mengurangi risiko aterosklerosis. Mengonsumsi tomat dengan minyak zaitun memberikan perlindungan terbaik terhadap pembuluh darah dengan mencegah penyumbatan.

Nah, itu tadi adalah beberapa makanan pembersih pembuluh darah yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News