Bugar

Mengulik Khasiat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol serta Cara Konsumsinya

Mengulik Khasiat Nanas untuk Menurunkan Kolesterol serta Cara Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Buah nanas menjadi salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Nanas sering dikonsumsi langsung sebagai rujak buah, namun juga bisa dicampurkan dalam berbagai menu masakan lainnya. Ternyata, terdapat khasiat nanas untuk menurunkan kolesterol, lo.

Mengapa bisa demikian? Pada kesempatan kali ini Momsmoney akan mengulik khasiat nanas untuk menurunkan kolesterol lebih dalam. Simak, ya!

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 9 Pilihan Tanaman Obat Asam Urat yang Dapat Dikonsumsi

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Chiropractic Medicine menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

Menyadur dari laman Hello Sehat, dalam nanas, vitamin C sangat melimpah, dengan kandungan sekitar 78,9 mg per 100 gram buah. Mengonsumsi nanas dapat membantu memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C.

Selain itu, nanas juga tinggi serat, dengan sekitar 2,3 gram per 100 gram. Serat larut dalam buah ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Kolesterol yang Dapat Anda Coba, Cek di Sini ya

Nanas juga mengandung enzim bromelain yang berpotensi membantu memecah plak kolesterol dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah. Efektivitas bromelain ini didukung oleh penelitian yang diterbitkan di Biotechnology Research International.

Buah nanas diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Ini penting karena dapat mengurangi risiko obesitas yang berkontribusi pada kadar kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: 11 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat Layak Anda Coba, Mudah Dibuat lo

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat nanas untuk menurunkan kolesterol. Bagaimana cara konsumsi nanas untuk penderita kolesterol?

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah nanas dalam kondisi segar, tanpa diolah. Jangan konsumsi nanas secara berlebihan karena dapat memicu masalah pencernaan.

Bagi beberapa orang yang alergi terhadap nanas, tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya. Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi nanas dalam upaya menurunkan kolesterol.

Tidak hanya nanas, menurut Heart UK, terdapat berbagai jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa makanan tersebut termasuk yang kaya akan lemak tak jenuh, kacang-kacangan, oats, serta berbagai sayuran. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News