Bugar

Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

Bagus untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Minyak kemiri adalah minyak yang diperoleh dari biji kemiri yang telah diolah. Sering digunakan dalam berbagai resep kuliner Asia Tenggara, minyak ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Apa saja ya manfaat minyak kemiri untuk kesehatan? Momsmoney telah merangkumkan lima manfaat minyak kemiri untuk kesehatan Anda sebagai berikut:

1. Merawat kulit dan mengatasi kulit berminyak

Minyak kemiri memiliki tekstur yang ringan, membuatnya ideal untuk mengencangkan pori-pori dan menguatkan jaringan kulit, sehingga mencegah kulit mengendur. Selain itu, minyak kemiri adalah non-comedogenic, artinya tidak menyumbat pori-pori saat digunakan.

Melansir dari laman Biofinest, minyak kemiri efektif dalam mengatur produksi sebum, meminimalisir produksi minyak berlebih yang bisa memicu jerawat, dan mengurangi ukuran pori-pori.

Minyak ini juga melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak dan memiliki sifat antibakteri yang membantu mencegah jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kemiri ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda atau mencampurnya dengan minyak esensial yang memiliki sifat antibakteri dan astringen untuk mengatasi kulit berminyak atau berjerawat.

Baca Juga: Coba yuk! Ini Daftar Jus Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Efektif

2. Perlindungan dari sinar UV

Minyak kemiri kaya akan antioksidan, yang menjadikannya alat yang efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat stres lingkungan seperti paparan sinar UV.

Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai pelindung matahari alami dengan mengaplikasikannya langsung ke kulit atau mencampurkannya dengan minyak lain seperti minyak wijen atau minyak alpukat untuk perlindungan tambahan.

3. Hidrasi untuk rambut

Minyak kemiri sangat baik untuk menghidrasi dan menghaluskan rambut yang kering dan rusak. Mengaplikasikan minyak ini pada rambut dapat membantu menjinakkan rambut kusut dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan untuk rambut yang sehat dan berkilau.

Selain itu, minyak ini digunakan dalam banyak produk perawatan rambut untuk membantu mempertahankan warna dan memperkuat folikel rambut.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Yuk, Ketahui Manfaat Cuka Apel untuk Diet

4. Minyak pijat yang menenangkan

Karena kemampuannya menyerap dan menembus kulit dengan baik, minyak kemiri dapat digunakan sebagai minyak dalam terapi pijat.

Penggunaan minyak kemiri membantu menjaga kulit tetap lembut dan elastis serta membawa aroma terapeutik dari minyak esensial yang dicampurkan dengannya.

5. Menyehatkan jantung dan menurunkan kolesterol

Dengan kandungan asam oleat yang tinggi, sebuah asam lemak omega-9, minyak kemiri juga mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol.

Ini menegaskan bahwa minyak kemiri tidak hanya baik untuk kulit dan rambut tetapi juga untuk kesehatan jantung Anda.

Demikianlah ulasan terkait manfaat minyak kemiri untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News