Bugar

Dijamin Ampuh, Ini 5 Buah Penurun Asam Urat dan Kolesterol Paling Cepat

Dijamin Ampuh, Ini 5 Buah Penurun Asam Urat dan Kolesterol Paling Cepat

MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, inilah daftar buah penurun asam urat dan kolesterol paling cepat.

Penyakit asam urat dan kolesterol tinggi merupakan dua kondisi kesehatan yang seringkali saling terkait. Keduanya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani dengan baik.

Salah satu cara alami untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Merangkum dari Healthshots dan WebMD, di bawah ini adalah lima buah penurunkan asam urat dan kolesterol paling cepat:

1. Ceri

Buah ceri kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri secara rutin dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35%.

Selain itu, kandungan antosianin dalam ceri juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi, Anda Harus Tahu!

2. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C tidak hanya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga berperan dalam mengurangi kadar asam urat.

Sebuah studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena asam urat. Jeruk juga mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

3. Apel

Apel kaya akan serat larut dan antioksidan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Serat larut dalam apel dapat mengikat kolesterol dalam usus dan membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Kandungan asam malat dalam apel juga bermanfaat untuk mengurai kristal asam urat, sehingga dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Baca Juga: Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang baik untuk jantung. Konsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain dan membantu mengelola kadar kolesterol HDL  dan LDL.

Vitamin E dan sifatnya yang anti-inflamasi juga menjadikan alpukat sebagai buah yang mampu mengatasi asam urat.

5. Pisang

Pisang adalah buah yang lezat, kaya akan serat, vitamin, mineral, dan gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang juga merupakan sumber yang baik dari potasium dan serat, yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Pisang mengandung vitamin C dan magnesium, menjadikannya pilihan sarapan yang sehat. Namun, untuk penderita asam urat sebaiknya hindari konsumsi pisang yang terlalu matang karena kandungan fruktosanya terlalu tinggi.

Itulah daftar buah penurun asam urat dan kolesterol paling cepat yang bisa Anda coba. Mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin dapat membantu mengendalikan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News