Bugar

Mudah Dibuat, Ini 11 Pilihan Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Layak Dicoba

Mudah Dibuat, Ini 11 Pilihan Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Layak Dicoba

MOMSMONEY.ID - Dalam upaya menurunkan kolesterol, banyak orang memilih untuk mengonsumsi jus buah dan sayur sebagai bagian dari diet sehari-hari mereka. Jus tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk dalam mengontrol kadar kolesterol. Jus penurun kolesterol paling cepat ada apa saja, ya?

Melansir dari laman Honest Docs, berikut adalah beberapa pilihan jus penurun kolesterol paling cepat yang bisa Anda coba:

1. Jus Apel

Jus apel mengandung beta-glucan dan serat tinggi, yang membantu mengendalikan produksi kolesterol dalam darah, sambil mencegah pengerasan arteri dan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Waspada! Kenali Gejala dan Penyebab Skoliosis Berikut Ini, yuk

2. Jus Mangga

Jus mangga adalah pilihan lain yang baik karena kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi, yang membantu mengurangi produksi kolesterol jahat dan menurunkan tingkat kolesterol yang sudah ada dalam darah.

3. Jus Lemon

Jus lemon sangat populer dan dikenal kaya akan vitamin C. Sebanyak 94 mg vitamin C yang terkandung dalam satu cangkir jus lemon segar dapat membantu mengurangi produksi apo-B, yang merupakan pembawa kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Aneka Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Catat ya!

4. Jus Jambu Biji

Jambu biji sangat kaya likopen, vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan selenium, yang semuanya berkontribusi dalam menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penyakit terkait.

5. Jus Delima

Buah delima dikenal dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang efektif dalam mengurangi plak dalam pembuluh darah dan mengatasi kolesterol tinggi.

Baca Juga: Ragam Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Kontrol Kolesterol

6. Jus Anggur

Jus anggur mengandung flavonoid yang membantu menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah, dan melawan radikal bebas. Anggur juga kaya serat dan catechin yang mendukung kesehatan jantung.

7. Jus Blueberry

Blueberry mengandung pterostilbene, sebuah antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Baca Juga: Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

8. Jus Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) sambil melawan kolesterol LDL (jahat).

9. Jus Semangka

Semangka tidak hanya menyegarkan tetapi juga kaya likopen, yang telah terbukti dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Jus Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang baik. Mengonsumsi jus tomat secara teratur dapat membantu mengurangi kolesterol LDL.

11. Jus Stroberi

Stroberi kaya dengan antioksidan yang efektif dalam memerangi kolesterol LDL. Jus ini sangat direkomendasikan untuk mendukung pengurangan kolesterol.

Itulah pilihan jus penurun kolesterol paling cepat yang menyehatkan dan mudah dibuat. Manakah yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News