Bugar

Khasiat Jus Seledri untuk Diet, Cek Juga 10 Manfaat Luar Biasa Lainnya!

Khasiat Jus Seledri untuk Diet, Cek Juga 10 Manfaat Luar Biasa Lainnya!

MOMSMONEY.ID - Dalam beberapa tahun terakhir, jus seledri telah menjadi salah satu minuman kesehatan yang paling populer. Ini terutama di kalangan mereka yang mencari cara alami untuk mendukung diet penurunan berat badan. Namun, seberapa efektif khasiat jus seledri untuk diet?

Jus seledri sering disebut-sebut sebagai minuman yang bisa mendukung penurunan berat badan. Karena berat badan Anda dipengaruhi oleh jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap hari, mengonsumsi jus seledri yang rendah kalori bisa bermanfaat.

Dikutip dari Healthline, sebanyak 475 ml jus seledri hanya mengandung sekitar 85 kalori, yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan banyak minuman lain seperti kopi manis atau soda.

Mengganti minuman tinggi kalori dengan jus seledri bisa menjadi langkah bijak dalam upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: 4 Ramuan Bahan Alami agar Miss V Harum, Cek di Sini yuk!

Minum jus yang rendah kalori seperti seledri sebelum makan juga bisa meningkatkan rasa kenyang, yang membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Jadi, khasiat jus seledri untuk diet penurunan berat badan memang efektif dan layak dicoba. Meskipun jus seledri adalah pilihan yang sehat dan rendah kalori, harus diingat bahwa penurunan berat badan jangka panjang tidak hanya bergantung pada konsumsi satu jenis makanan atau minuman saja.

Sebaiknya kombinasikan konsumsi jus ini dengan olahraga dan diet yang seimbang berdasarkan makanan utuh untuk hasil yang lebih efektif.

Baca Juga: Efek Terlalu Banyak Makan Karbohidrat bagi Tubuh, Benarkah Bisa Sebabkan Jerawat?

Selain mampu menurunkan berat badan, ada juga berbagai manfaat kesehatan jus seledri lainnya. Melansir dari laman Dokter Sehat, ini beberapa manfaat lainnya:

1. Mengurangi Peradangan

Mengonsumsi jus seledri secara rutin dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan, terutama flavonoid dalam seledri efektif melawan peradangan pada sel dan DNA, sehingga dapat membantu tubuh pulih lebih cepat saat tidak fit.

2. Mencegah Stres Oksidatif

Paparan radikal bebas dan zat berbahaya lainnya dapat menyebabkan stres oksidatif, yang meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti stroke, kanker, dan penyakit jantung koroner. Antioksidan flavonoid dan vitamin C dalam jus seledri terbukti dapat melawan kondisi ini dengan efektif.

Baca Juga: 9 Workout Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Tertarik Coba?

3. Menjaga Kesuburan Pria

Penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa seledri memiliki efek perlindungan terhadap kesuburan pria, walaupun konsumsi apigenin yang berlebihan dalam seledri dapat menurunkan kesuburan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Kombinasi nutrisi dalam jus seledri bermanfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa antioksidan dalam seledri dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit pada jantung, hati, dan ginjal.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat saat Diet Penurunan Berat Badan?

5. Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus seledri dapat membantu dalam pengobatan kanker, terutama bagi pasien yang menjalani kemoterapi. Manfaat ini didapatkan karena kandungan antioksidan tinggi dan senyawa luteolin yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Zat yang terkandung di daun, batang, dan biji seledri memiliki sifat antihipertensi yang baik untuk memperbaiki fungsi dinding arteri dan membantu menurunkan serta mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Ternyata Inilah Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

7. Mencegah Penyakit Neurodegeneratif

Luteolin dan apigenin dalam seledri dapat melindungi dari penyakit otak tertentu. Penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa luteolin dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kerusakan saraf pada tikus dengan diabetic encephalopathy.

8. Menurunkan Kolesterol

Penelitian pada tahun 2014 menemukan bahwa ekstrak daun seledri dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak.

Baca Juga: Efek Terlalu Banyak Makan Karbohidrat bagi Tubuh, Benarkah Bisa Sebabkan Jerawat?

9. Menghidrasi Tubuh

Karena seledri mengandung banyak air, jus seledri dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang penting untuk berbagai fungsi tubuh termasuk pengaturan tekanan darah dan suhu tubuh.

10. Menyehatkan Tulang

Jus seledri menyediakan nutrisi seperti vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin K bekerja bersama dengan vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah patah tulang.

Baca Juga: Tak Baik untuk Kulit, Ini 7 Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Cepat Tua

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat jus seledri untuk diet dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Profesor Budi Wiweko Raih Penghargaan Internasional RANZCOG yang Sangat Bergengsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News