Bugar

Tak Baik untuk Kulit, Ini 7 Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Cepat Tua

Tak Baik untuk Kulit, Ini 7 Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Cepat Tua

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman penyebab kulit cepat tua lo.

 Menjaga kulit agar tetap awet muda dan sehat tidak hanya tentang rutinitas perawatan kulit eksternal, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi. 

Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut telah MomsMoney rangkumkan makanan dan minuman penyebab kulit cepat tua yang harus Anda batasi jumlah konsumsinya:

1. Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans tidak hanya buruk untuk jantung Anda, tapi juga untuk kulit Anda. Makanan ini dapat meningkatkan peradangan dan membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan UV, yang adalah penyebab utama kerusakan kulit.

Baca Juga: 8 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Cepat Tua, Sebaiknya Hindari ya

2. Makanan tinggi natrium

Garam berlebih dalam makanan Anda dapat menyebabkan retensi air, yang membuat wajah tampak bengkak. Untuk mengatasinya, gunakan pelembap yang mengandung kafein dan batasi konsumsi makanan tinggi natrium seperti makanan kalengan dan junk food.

3. Makanan manis

Konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan advanced glycation end products (AGES) yang merusak kolagen, protein esensial yang menjaga kekencangan dan kelembapan kulit.

Selain itu, gula yang berlebih juga berdampak negatif pada gigi, seperti memicu pertumbuhan bakteri dan pembusukan gigi.

Baca Juga: 9 Workout Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Tertarik Coba?

4. Makanan pedas

Bagi penderita rosacea, makanan pedas bisa memperburuk kondisi dengan memperluas pembuluh darah dan menyebabkan kemerahan pada kulit.

Pada beberapa orang, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi kulit yang berkepanjangan.

5. Daging gosong

Partikel gosong pada daging barbekyu mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang bisa merusak kolagen. Meskipun tidak perlu menghindari barbekyu sepenuhnya, sebaiknya bersihkan bagian yang gosong dan jaga kebersihan grill untuk mengurangi risiko.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat saat Diet Penurunan Berat Badan?

6. Alkohol

Fungsi hati yang optimal mencerminkan pada kulit yang sehat. Alkohol dapat mengganggu fungsi ini, memperlambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun, yang bisa menyebabkan jerawat, warna kulit yang tidak merata, keriput, dan rosacea.

Alkohol juga mengurangi kualitas tidur yang pada gilirannya mempengaruhi regenerasi kulit.

7. Minuman berkafein

Minuman seperti kopi dan teh bersifat diuretik yang dapat mengurangi hidrasi kulit, sehingga menyebabkannya tampak kusam. Penting untuk mengimbangi dengan minum cukup air dan menggunakan pelembap yang efektif.

Demikianlah daftar makanan dan minuman penyebab kulit cepat tua. Sebaiknya batasi konsumsinya mulai sekarang, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News