Bugar

Ternyata Inilah Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

Ternyata Inilah Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Karbohidrat sering kali dipandang negatif dalam banyak diskusi tentang diet dan kesehatan. Namun, sebagai salah satu dari tiga makronutrien utama—bersama dengan protein dan lemak—karbohidrat memainkan peran penting dalam menjaga fungsi tubuh yang sehat. Apa saja fungsi karbohidrat untuk tubuh?

MomsMoney akan menjelaskan berbagai fungsi karbohidrat untuk tubuh Anda pada kesempatan kali ini. Melansir dari laman Healthline, berikut beberapa fungsinya:

1. Sumber Energi Utama Tubuh

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh Anda. Kebanyakan karbohidrat yang Anda konsumsi diubah menjadi glukosa, yang kemudian masuk ke dalam aliran darah.

Glukosa ini digunakan oleh sel-sel tubuh untuk membuat adenosin trifosfat (ATP), molekul yang menyediakan energi untuk berbagai fungsi metabolik melalui proses yang disebut respirasi seluler.

Meskipun sel-sel bisa mendapatkan ATP dari lemak, banyak yang lebih memilih karbohidrat sebagai sumber energi utamanya.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Karbohidrat saat Diet Penurunan Berat Badan?

2. Menyimpan Cadangan Energi

Selain menyediakan energi langsung, karbohidrat juga disimpan sebagai cadangan energi. Jika tubuh memiliki lebih banyak glukosa daripada yang dibutuhkan saat itu, kelebihan glukosa ini disimpan sebagai glikogen di hati dan otot.

Hati bisa menyimpan sekitar 100 gram glikogen, yang dapat dilepaskan ke dalam darah untuk energi ketika diperlukan. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil antara waktu makan.

Di sisi lain, glikogen yang tersimpan di otot hanya digunakan oleh otot tersebut, sangat berguna selama aktivitas fisik yang intens.

Jika kebutuhan energi terpenuhi dan simpanan glikogen sudah penuh, tubuh dapat mengubah kelebihan karbohidrat menjadi trigliserida dan menyimpannya sebagai lemak. Ini merupakan salah satu cara tubuh menyimpan energi untuk jangka panjang.

3. Menjaga Massa Otot

Karbohidrat juga memainkan peran dalam menjaga massa otot. Ketika tubuh kekurangan glukosa dari karbohidrat, otot dapat dipecah menjadi asam amino untuk menghasilkan energi. Namun, ini bukan situasi yang ideal karena kehilangan massa otot dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Mengonsumsi karbohidrat membantu mencegah kerusakan otot ini dan menyediakan glukosa yang diperlukan oleh otak, terutama saat kelaparan.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung Anda, Ada Buah Alpukat

4. Menyehatkan Pencernaan

Karbohidrat juga sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat, jenis karbohidrat yang tidak dicerna, memainkan peran kunci dalam proses ini.

Serat larut menarik air dan membentuk gel yang membantu melunakkan tinja dan mempermudah buang air besar. Serat tidak larut menambahkan massa pada tinja dan mempercepat perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, juga membantu meringankan sembelit.

5. Berpengaruh pada Kesehatan Jantung dan Diabetes

Selain itu, karbohidrat berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan diabetes. Meski konsumsi berlebihan karbohidrat olahan bisa berbahaya, serat makanan bisa sangat bermanfaat.

Serat larut misalnya, bisa mengikat asam empedu, yang mengurangi kadar kolesterol LDL "jahat" dalam darah. Serat juga menunda penyerapan karbohidrat lain, yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Minuman Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Cek Ada Apa Saja

Itulah beberapa fungsi karbohidrat untuk tubuh yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News