Bugar

Efek Terlalu Banyak Makan Karbohidrat bagi Tubuh, Benarkah Bisa Sebabkan Jerawat?

Efek Terlalu Banyak Makan Karbohidrat bagi Tubuh, Benarkah Bisa Sebabkan Jerawat?

MOMSMONEY.ID - Apa saja, sih, efek terlalu banyak makan karbohidrat bagi tubuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Makan karbohidrat dalam jumlah yang sesuai merupakan bagian penting dari diet seimbang. Namun, konsumsi karbohidrat yang berlebihan bisa memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kesehatan.

Memahami efek dari kelebihan karbohidrat dapat membantu dalam menjaga kesehatan yang optimal dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Menyadur dari laman Eat This, berikut adalah efek terlalu banyak makan karbohidrat bagi tubuh:

1. Kelelahan

Konsumsi karbohidrat sederhana yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan. Menurut National Sleep Foundation, makan makanan tinggi karbohidrat memang dapat sementara meningkatkan kadar gula darah dan memberikan energi.

Namun, ini seringkali diikuti oleh penurunan gula darah yang tajam. Penurunan ini dapat mengurangi aktivitas neuron tertentu yang berperan dalam siklus tidur dan bangun.

Hal ini menyebabkan Anda merasa lelah. Selain itu, makan terlalu banyak karbohidrat siang hari dapat mengganggu tidur Anda, sehingga membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

Baca Juga: 8 Kebiasaan yang Menyebabkan Kulit Cepat Tua, Sebaiknya Hindari ya

2. Penambahan berat badan

Mengonsumsi karbohidrat yang tinggi kalori, seperti keripik, makanan yang dipanggang, dan minuman manis, secara alami dapat meningkatkan berat badan Anda. Namun, mekanisme di balik ini melibatkan lebih dari sekedar kelebihan kalori.

Sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa konsumsi karbohidrat olahan yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan insulin, yang kemudian menyebabkan tubuh mengubah kelebihan glukosa menjadi lemak.

3. Jerawat

Studi menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi karbohidrat olahan dan gula tambahan, serta susu dan lemak jenuh, bisa memperburuk jerawat.

Menurut Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi jenis makanan ini berkorelasi dengan tingkat keparahan jerawat yang lebih tinggi di antara kaum muda.

Baca Juga: Ternyata Inilah Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

4. Perubahan fungsi kognitif

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat juga dapat memengaruhi fungsi kognitif. Sebuah studi yang didanai oleh National Institutes of Aging menemukan, mereka yang makan diet tinggi karbohidrat memiliki risiko hampir empat kali lebih besar mengalami gangguan kognitif ringan.

Penelitian ini menegaskan bahwa asupan karbohidrat yang tinggi dapat mengganggu metabolisme glukosa dan insulin, yang mirip dengan efek yang terjadi pada diabetes tipe 2.

5. Peningkatan risiko kesehatan

Asupan karbohidrat yang berlebihan tidak hanya berdampak pada berat badan dan energi, tetapi juga pada kesehatan jantung dan risiko diabetes.

Karbohidrat yang tinggi, terutama jenis olahan, dapat menyebabkan peningkatan trigliserida dan penurunan kadar HDL (kolesterol baik), yang pada akhirnya juga dapatmeningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, demikianlah ulasan lengkap terkait efek terlalu banyak makan karbohidrat bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News