Bugar

Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Wajib tahu, yuk intip khasiat jus timun untuk kesehatan tubuh yang luar biasa di sini.

Di Indonesia, timun seringkali dikonsumsi sebagai lalapan pendamping. Rasanya segar dan enak, membuatnya jadi favorit banyak orang. Tak hanya jadi lalapan, timun juga bisa dijadikan jus yang segar untuk melepas dahaga. Tahukah bahwa tersimpan segudang manfaat kesehatan dari konsumsi jus timun, lo.

Jus timun mengandung berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Di bawah ini Momsmoney akan menguraikan beberapa khasiat jus timun untuk kesehatan:

1. Memperlancar Pencernaan

Timun yang kaya akan pektin, sebuah serat larut air, berkontribusi pada kelancaran pencernaan dan membantu melunakkan tinja, sehingga efektif dalam mencegah dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: Salah Satunya Turunkan Kolesterol, Inilah Manfaat Tomat untuk Kesehatan

2. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Dengan kandungan antioksidannya, jus timun mampu melawan efek berbahaya dari radikal bebas, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Timun juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menghidrasi Tubuh

Dikutip dari laman Alodokter, timun mengandung air sekitar 96% yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit di dalamnya juga mendukung keseimbangan cairan tubuh.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan!

4. Menyehatkan Tulang

Kaya vitamin K pada timun mendukung kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Di dalam timun juga terkandung mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Menyehatkan Jantung

Timun mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung seperti stroke.

Baca Juga: Leher Belakang Sakit Apakah Kolesterol? Cek Jawabannya di Sini

6. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, jus timun dapat membantu. Kandungan kalium dan antioksidan membantu menjaga keseimbangan kadar garam dan mengontrol tekanan darah.

7. Mengontrol Gula Darah

Timun memiliki indeks glikemik yang rendah. Konsumsi jus timun tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Ini membuatnya ideal untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Ampuh Bikin BB Cepat Turun, Konsumsi Jus yang Cocok untuk Diet Ini

 8. Mencegah Kulit Kering

Kandungan air yang tinggi dalam timun tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi juga mendukung kesehatan kulit dan mencegah kekeringan pada kulit.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Mengonsumsi jus timun secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati dan payudara, berkat antioksidan dan senyawa cucurbitacin yang ada di dalamnya.

Baca Juga: 10 Ramuan Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah Dibuat Lo

10. Menurunkan Berat Badan

Karena tinggi serat dan rendah kalori, jus timun dapat membantu mengurangi berat badan. Minum jus ini bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil.

Demikianlah penjabaran khasiat jus timun untuk kesehatan. Selamat mencoba dan nikmati segarnya jus timun untuk kesehatan Anda!

Selanjutnya: Naik di Akhir Pekan, Simak Proyeksi Harga Emas Antam di Penghujung Tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News