Keluarga

Manfaat Jus Lemon untuk Tanaman, Simak Kegunaan dan Hasilnya yang Luar Biasa

Manfaat Jus Lemon untuk Tanaman, Simak Kegunaan dan Hasilnya yang Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Bisakah menggunakan jus lemon untuk tanaman? Tentu saja. Ternyata ada kegunaan jus lemon untuk tanaman. Manfaat jus lemon untuk tanaman dapat Anda simak di artikel ini. 

Jus lemon ternyata bisa menjadi pupuk yang baik untuk tanaman. Selain itu, manfaat jus lemon untuk tanaman yaitu mengusir hama. 

Uniknya, jus lemon juga bermanfaat membantu pertumbuhan bibit tanaman. Apa saja manfaat jus lemon untuk tanaman yang belum Anda ketahui?

Baca Juga: 7 Manfaat Jus Pare Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini manfaat jus lemon untuk tanaman. 

1. Obat Gulma

Jus lemon dapat digunakan sebagai pembasmi gulma organik. Ambil empat ons jus lemon dan campur dengan satu liter cuka putih. Aduk rata, isi botol semprot, dan semprotkan pada gulma.

Ini akan membunuh pertumbuhan liar dengan mengurangi tingkat pH. Solusi organik ini paling ampuh pada jam-jam terpanas sepanjang hari. Efeknya hanya bertahan sebentar, jadi Anda harus mencoba banyak aplikasi.

2. Meningkatkan Tingkat Perkecambahan

Janda bolong variegata

Menurut penelitian yang dilakukan di Institut Sayuran dan Bunga, Tiongkok, jus lemon mendorong pertumbuhan pembelahan sel, menstimulasi aktivitas beberapa enzim, dan membantu nutrisi untuk diangkut ke bagian tanaman dengan lebih mudah.

Tambahkan 3 ml jus lemon ke dalam satu liter air dan gunakan larutan tersebut untuk menyirami benih pada saat disemai. Setelah berkecambah, Anda dapat menggunakannya kembali untuk menyiram bibit.

Merendam benih yang berlapis keras semalaman dalam larutan ini sebelum disemai juga akan meningkatkan kemungkinan perkecambahan.

3. Menyeimbangkan Tingkat pH Tanah

Tanah basa apa pun dengan pH lebih dari 7 dapat diseimbangkan dengan menggunakan jus lemon encer sebulan sekali. Ini bekerja dengan baik dengan menjaga tanah mendekati tingkat netral atau membuatnya sedikit asam, yang baik untuk tanaman yang menyukai asam.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Untuk melakukan ini, tambahkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam satu galon air dan tuangkan larutan ini ke pangkal tanaman. Pastikan Anda tidak membasahi daunnya, jika tidak maka daunnya akan gosong.

4. Bersihkan Pot Logam dan Tembaga

Jus lemon juga merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan panci logam dan tembaga. Kandungan asam di dalamnya membantu menghilangkan endapan dan noda air sadah, menjadikannya tampak baru kembali! 

Tambahkan beberapa tetes jus lemon pada kain bersih dan gosokkan pada panci selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air untuk hasil terbaik.

Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan patung logam, stoples kaca, dan vas. Potong lemon menjadi dua dan gosokkan pada permukaan luarnya untuk menghilangkan semua bekasnya. 

Baca Juga: Simak Cara Membuat Hampers Berkebun, Jadi Ide Unik dan Menarik untuk Hadiah Keluarga

Demikian pula, gunakan sarinya dengan kain bersih untuk menghilangkan noda kalsium di bagian dalam stoples dan vas.

5. Menghilangkan Laba-laba

Jus lemon juga bekerja cukup baik dalam mengusir laba-laba. Tambahkan 10-14 tetes jus lemon ke dalam secangkir air bersama dengan 8-10 tetes minyak peppermint. Aduk rata dan semprotkan larutan di sekitar jaring laba-laba.

Anda juga bisa memotong lemon menjadi dua, menaruh beberapa siung di dalamnya, dan meletakkannya di dekat area yang dihinggapi laba-laba untuk mencegahnya.

Nah itulah beberapa manfaat jus lemon untuk tanaman yang bisa Anda terapkan untuk tanaman di rumah. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News