Bugar

Inilah Manfaat Tahu untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Wajib Coba!

Inilah Manfaat Tahu untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Wajib Coba!

MOMSMONEY.ID - Tahu merupakan makanan sederhana yang sering dianggap sebagai lauk pauk biasa. Namun, ternyata tahu menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi mereka yang menderita gangguan asam lambung. Sayangnya, manfaat tahu untuk asam lambung ini jarang diketahui.

Oleh karena itu, MomsMoney akan mengulas secara lengkap manfaat tahu untuk asam lambung serta cara untuk mengolahnya pada kesempatan kali ini. Yuk, simak sampai akhir!

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Makan, Tidak Baik untuk Pencernaan

Manfaat Tahu untuk Asam Lambung

Menyadur dari laman Hello Sehat, tahu merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Adapun beberapa manfaat tahu untuk asam lambung adalah sebagai berikut:

1. Meringankan Beban Kerja Pencernaan

Tahu memiliki tekstur yang lembut, membuatnya ideal untuk mereka yang mengalami iritasi lambung dan esofagus karena asam lambung naik. Tekstur ini memudahkan proses menelan dan pencernaan, mengurangi kebutuhan lambung untuk memproduksi asam secara berlebihan.

Dengan memudahkan proses pencernaan, tahu juga berperan dalam mengurangi pemicu utama dari gejala asam lambung.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ketahui Faktanya!

2. Mengurangi Keasaman Lambung

Tahu memiliki sifat alkalin dengan pH sekitar 7,2 yang menunjukkan bahwa ia bersifat lebih basa. Karena sifat alkalinnya, tahu dapat membantu menetralkan kelebihan keasaman dalam lambung.

Proses ini membantu mencegah pembentukan lebih banyak cairan asam lambung dan mengurangi risiko pelemahan katup esofagus. Dengan demikian, mengkonsumsi tahu dapat membantu mencegah refluks asam ke esofagus, yang merupakan gejala utama GERD.

3. Kaya akan Kandungan Air

Tahu mengandung lebih dari 80% air, yang berperan penting dalam menetralkan asam lambung. Air memiliki pH netral sekitar 7,00 yang membantu mengencerkan dan menurunkan keasaman cairan lambung yang umumnya memiliki pH antara 1,5 hingga 3,5.

Konsumsi tahu yang tinggi kandungan air bisa mengurangi keasaman dalam lambung, sehingga mengurangi iritasi dan potensi terjadinya asam lambung naik.

Baca Juga: Bisa Berbahaya! Ketahui 8 Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi Berikut

Cara Mengolah Tahu untuk Asam Lambung

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda harus tahu cara mengolahnya. Bersumber dari laman Grid Health, berikut ini adalah beberapa cara mengolah tahu untuk asam lambung yang dapat Anda coba:

1. Tahu Panggang

Mengganti tahu goreng dengan tahu panggang adalah pilihan yang lebih sehat dan rendah lemak. Anda dapat memanggang tahu di oven dengan hanya menggunakan sedikit minyak zaitun dan menambahkan bumbu seperti lada hitam, rosemary, atau thyme untuk meningkatkan rasa.

Tahu panggang memberikan tekstur yang renyah di luar tetapi tetap lembut di dalam, membuatnya lebih mudah dicerna.

2. Tumis Tahu dengan Sayuran

Tumis tahu bersama berbagai sayuran seperti brokoli, wortel, paprika, dan kacang polong merupakan cara yang baik untuk menambahkan serat dan mengurangi lemak dalam makanan Anda.

Gunakan sedikit minyak zaitun dan bumbu alami seperti bawang putih atau jahe untuk menambahkan rasa tanpa meningkatkan asam lambung.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

3. Sup Tahu

Sup tahu adalah pilihan yang sangat baik untuk penderita asam lambung karena kelembutannya yang memudahkan pencernaan. Anda bisa membuatnya dengan kaldu sayuran rendah lemak dan menambahkan sayuran seperti bayam, wortel, atau jamur.

Bumbui dengan rempah seperti jahe atau kunyit untuk manfaat antiinflamasi dan penambah rasa.

4. Salad Tahu

Salad tahu adalah makanan yang segar dan ringan yang bisa meredakan gejala asam lambung. Campurkan tahu yang sudah dipotong dadu dengan sayuran hijau seperti selada, tomat ceri, dan mentimun.

Tambahkan dressing alami seperti cuka apel atau jus lemon dan taburi dengan biji-bijian seperti wijen atau chia untuk nutrisi tambahan.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung, Cek 10 Manfaat Lainnya

5. Smoothie Tahu

Tahu dapat diolah menjadi smoothie yang sehat dan bergizi. Campurkan tahu dengan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau mangga, dan tambahkan susu almond atau yoghurt bebas lemak untuk tekstur yang lembut dan kental. Tambahkan pemanis alami seperti madu atau kayu manis untuk rasa tambahan.

Demikianlah ulasan lengkap terkait manfaat tahu untuk asam lambung dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Sri Lanka Gelar Pemilihan Presiden 21 September 2024, Petahana Diprediksi Maju Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News