Bugar

Menilik Manfaat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu

Menilik Manfaat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu

MOMSMONEY.ID - Alpukat jadi buah favorit banyak orang karena rasanya yang nikmat. Tidak hanya mengenyangkan, rupanya alpukat punya banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk asam lambung, lo. Namun, tak banyak yang tahu akan manfaat jus alpukat untuk asam lambung.

Untuk itu, Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam pada artikel ini. Yuk, simak selengkapnya!

Manfaat jus alpukat untuk asam lambung

Mengutip dari laman Halodoc, alpukat mengandung banyak mineral dan vitamin yang mendukung kesehatan tubuh. Beberapa mineral dan vitamin tersebut meliputi mangan, seng, tembaga, zat besi, fosfor, vitamin A, dan vitamin B kompleks, seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3), meskipun dalam jumlah yang kecil.

Selain itu, alpukat juga merupakan pilihan yang aman untuk dikonsumsi karena rendah kalori. Satu buah alpukat mengandung sekitar 322 kalori, 4,02 gram protein, 17,15 gram karbohidrat, dan 29,47 gram lemak.

Meskipun lemak dalam alpukat cukup tinggi, sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal, dengan kandungan sekitar 19,69 gram. Ini menjadikan alpukat sebagai buah tinggi lemak yang sehat.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

Alpukat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Lemak sehat dalam alpukat, seperti asam oleat, dapat membantu melapisi perut Anda dan mengurangi iritasi akibat asam lambung yang naik.

Kandungan serat dalam buah alpukat, baik yang larut maupun tidak larut, dapat mencegah sembelit, meredakan iritasi usus, dan mengurangi peradangan pada usus. Selain itu, kandungan dalam alpukat juga membantu melindungi organ pencernaan dari peradangan.

Alpukat juga dapat merangsang produksi cairan lambung dan empedu, yang membantu menjaga keseimbangan kadar asam lambung. Sehingga,pencernaan makanan menjadi lebih optimal dan efisien, membantu tubuh mencerna semua makanan dengan baik.

Selain itu, alpukat juga mengandung kalium yang tinggi, yang dapat membantu menetralkan asam lambung berlebih dan mengurangi iritasi pada kerongkongan.

Kalium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Sehat dan Enak, Inilah Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Bisa Dicoba

Begini cara membuat jus alpukat untuk asam lambung

Setelah mengetahu manfaat jus alpukat untuk asam lambung, selanjutnya ketahui cara membuatnya. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk asam lambung adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus. Jus alpukat mudah dicerna oleh tubuh dan dapat memberikan manfaat yang cepat untuk meredakan gejala asam lambung.

Namun, pastikan untuk tidak menambahkan gula atau bahan tambahan lainnya yang dapat memicu gejala asam lambung.

Untuk membuat jus alpukat yang menyegarkan dan bermanfaat untuk asam lambung, cukup campurkan daging alpukat matang dengan air atau air kelapa dalam blender dan proses hingga halus.

Anda juga bisa menambahkan sedikit madu atau jus lemon untuk rasa tambahan dan manfaat pencernaan. Jus alpukat dapat diminum setiap hari sebagai bagian dari menu sehat Anda untuk membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Selanjutnya: KCIC Perkirakan H+3 Lebaran, Volume Penumpang Whoosh Tembus 20.000 Lebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News