Bugar

Bisa Berbahaya! Ketahui 8 Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi Berikut

Bisa Berbahaya! Ketahui 8 Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi Berikut

MOMSMONEY.ID - Kopi adalah minuman yang banyak disukai karena kemampuannya meningkatkan konsentrasi dan energi. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruk kecanduan minum kopi?

MomsMoney akan menguraikan beberapa dampak buruk kecanduan minum kopi sebagai berikut:

1. Gangguan tidur

Meminum kopi setiap hari, terutama di sore atau malam hari, bisa membuat Anda susah tidur atau mengalami insomnia. Ini terjadi karena kafein dalam kopi menstimulasi otak dan memblokir adenosin, zat kimia yang membuat Anda merasa mengantuk.

Baca Juga: Mau Turun Berat Badan? Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Metabolisme Ini

2. Memicu kecemasan

Kafein dapat meningkatkan kecemasan karena merangsang pelepasan adrenalin. Minum kopi dalam jumlah banyak dapat membuat Anda merasa gelisah atau cemas secara berlebihan.

3. Masalah pencernaan

Mengutip dari Healthline, kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung. Jika Anda minum terlalu banyak, ini bisa memperparah kondisi seperti gastritis dan asam lambung.

4. Osteoporosis

Terlalu banyak kafein bisa mengganggu penyerapan kalsium di tubuh Anda, yang sangat penting untuk tulang yang kuat. Ini bisa meningkatkan risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang sudah menopause.

Baca Juga: Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

5. Pengaruh pada kehamilan

Kafein dapat melewati plasenta dan mempengaruhi janin, yang berisiko menyebabkan berat lahir rendah, keguguran, atau kelahiran prematur. Oleh karena itu, disarankan bagi wanita hamil untuk membatasi konsumsi kafein.

6. Tekanan darah tinggi

Kafein juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah karena menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi adrenalin.

7. Gigi kuning dan berlubang

Melansir dari Hello Sehat, minum kopi setiap hari dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning dan meningkatkan risiko gigi berlubang, terutama jika Anda menambahkan gula ke dalam kopi Anda.

Baca Juga: Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho

8. Sering buang air kecil

Kafein bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine. Kecanduan kopi dapat membuat Anda buang air kecil lebih sering, yang bisa menyebabkan dehidrasi jika Anda tidak mengonsumsi cukup cairan.

Itulah beberapa dampak buruk kecanduan minum kopi yang perlu Anda ketahui. Minum kopi itu boleh, namun jangan berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selanjutnya: Kinerja Sido Muncul (SIDO) Tumbuh Doubel Digit di Semester I 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News