Bugar

7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Makan, Tidak Baik untuk Pencernaan

7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Setelah Makan, Tidak Baik untuk Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Makanan adalah sumber energi dan nutrisi utama bagi tubuh. Namun, apa yang kita lakukan setelah makan juga memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan dan efektivitas pencernaan. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan karena tidak baik untuk pencernaan.

Mengutip laman Health Shot, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan:

1. Merokok

Merokok setelah makan jauh lebih berbahaya dibandingkan pada waktu lain. Menurut Manisha Chopra, merokok setelah makan bisa 10 kali lebih berbahaya karena karsinogen dalam rokok dapat memperburuk kondisi seperti sindrom iritasi usus besar dan kolitis ulserativa.

Baca Juga: Apakah Daun Salam Bisa Menurunkan Kolesterol? Yuk, Cek Faktanya

2. Makan Buah

Meski buah sangat sehat, waktu konsumsinya penting untuk diperhatikan. Menurut ahli gizi Manisha Chopra, mengonsumsinya langsung setelah makan utama dapat menghambat penyerapan nutrisi.

Buah-buahan yang dicerna bersamaan dengan makanan lain bisa fermentasi di perut, yang menyebabkan gangguan pencernaan dan mengurangi nilai gizi makanan yang dikonsumsi.

3. Minum Teh dan Kopi

Minum teh atau kopi langsung setelah makan dapat mengganggu penyerapan zat besi karena kandungan fenoliknya. Sebaiknya, minuman ini dikonsumsi satu jam setelah makan.

Baca Juga: Manfaat Minum Rebusan Daun Kelor untuk Tubuh, Bisa Usir Berbagai Penyakit lo

4. Mandi

Mandi setelah makan bisa menghambat proses pencernaan. Mandi setelah makan dapat menyebabkan darah mengalir ke kulit untuk mengatur suhu tubuh. Hal ini dapat mengurangi aliran darah ke perut dan bisa mengganggu pencernaan.

5. Berolahraga

Berolahraga langsung setelah makan, seperti berlari atau angkat beban, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, kram perut, dan mual. Lebih baik memberikan jeda 1-2 jam sebelum memulai aktivitas fisik berat untuk membiarkan tubuh mencerna makanan dengan baik.

Baca Juga: Intip 7 Khasiat Wedang Uwuh untuk Kesehatan, Minuman Rempah Alami

6. Tidur

Mengambil tidur siang langsung setelah makan bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan masalah tidur. Ketika kita berbaring, tubuh memiliki kesulitan untuk memproses makanan, yang dapat menyebabkan asam lambung naik dan mengakibatkan heartburn atau GERD.

7. Memakai Sabuk yang Ketat

Memakai pakaian ketat atau mengencangkan sabuk setelah makan bisa membatasi pergerakan usus dan mengganggu pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan potensi masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

Nah, itulah 7 hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan karena tidak baik untuk pencernaan Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News