Keluarga

Ini Fungsi Protein dan Masing-Masing Jenisnya Bagi Tubuh

Ini Fungsi Protein dan Masing-Masing Jenisnya Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ada banyak fungsi protein bagi tubuh manusia. Lantas, apa saja sih jenis dan fungsi masing-masing protein?

Ternyata, protein punya banyak jenis. Masing-masing jenis protein di bawah ini bergantung pada fungsi atau tugas yang diembannya.

Untuk dapat mengetahui apa sajakah jenis protein beserta fungsi umum dan fungsi detailnya, MomsMoney telah menghadirkan jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Ayam Kampung, Ayam Negeri, dan Ayam Broiler, Ini Aneka Ciri Perbedaannya

Jenis-jenis protein

Inilah berbagai jenis protein beserta fungsinya yang dilansir dari Bank BJB:

  1. Enzim: Protein yang berfungsi sebagai katalis dalam berbagai reaksi kimia di tubuh. Mengatur metabolisme tubuh, mengontrol aktivitas seluler, dan memecah makanan menjadi nutrisi.
  2. Hemoglobin: Mengandung zat besi. Protein yang berfungsi sebagai pembawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.
  3. Kolagen: Protein yang berfungsi menyusun jaringan ikat: tendon, kulit, dan tulang. Memberikan kekuatan pada kulit & menjaga kesehatan tulang & sendi.
  4. Antibodi: Protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang berfungsi agar tubuh dapat melawan serangan infeksi, virus, dan bakteri.
  5. Albumin: Protein yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan & zat penting seperti hormon hingga mineral ke seluruh tubuh. Protein ini terdapat dalam darah
  6. Fibrinogen: Protein yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan. Protein ini mengubah fibrinogen menjadi fibrin
  7. Myosin & Aktin: Myosin adalah protein yang berfungsi menghasilkan gerakan otot. Aktin adalah protein yang punya fungsi untuk merespons sinyal syaraf untuk menggerakkan otot. Kedua jenis protein ini membentuk filamen pada otot.

Baca Juga: Daftar Buah dan Sayuran yang Tak Boleh Disimpan Bersama, Bikin Cepat Busuk

Fungsi protein secara umum bagi tubuh

Beberapa fungsi protein dalam tubuh yang dilansir dari Healthline melalui Kompas & dari Anlene sebagai berikut:

  1. Membentuk hormon & enzim

Protein bertugas untuk membentuk enzim & hormon dalam tubuh.

Hormon sendiri berfungsi untuk mengirimkan sinyal biologis antara organ, sel, dan jaringan. Sementara enzim akan bereaksi ketika akan menghancurkan racun, mencerna makanan, dan adanya kontraksi otot.

  1. Sumber energi

Fungsi protein adalah sebagai sumber energi yang diperlukan tubuh, sebab protein akan disimpan sebagai cadangan makanan disaat saat tertentu, seperti ketka berpuasa dan tubuh tak mendapatkan asupan makanan berjam-jam.

Baca Juga: Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Berubah Jadi Racun

  1. Penyedia struktur

Beberapa protein (seperti keratin, kolagen, dan elastin) memiliki serat & dapat membentuk kerangka ikan struktur dalam tubuh.

Keratin, misalnya, ia merupakan protein struktural yang ada pada rambut, kulit, dan kuku. Kolagen merupakan protein struktural tulang, kulit, dan ligament. Sementara elastin memungkinkan jaringan tubuh yang melar kembali ke bentuk asal, seperti rahin & paru-paru.

  1. Untuk pemeliharaan tubuh

Fungsi protein berguna untuk pemeliharaan tubuh, serta perkembangan tubuh. Contohnya ketika seseorang sedang cedera atau pasca pulih dari operasi, maka mereka lebih banyak membutuhkan protein untuk memperbaiki jaringan.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Boleh Makan Durian? Ternyata Begini Penjelasannya

  1. Sebabkan reaksi biokimia

Enzim merupakan salah satu jenis protein. Protein yang satu ini membantu reaksi biokimia yang terjadi di dalam & luar sel.

Fungsi pencernaan, produksi, kontraksi otot, hingga pembekuan darah dapat terjadi melalui proses enzim. Sehingga kempat fungsi ini tak mungkin terjadi tanpa adanya enzim dalam tubuh.

Itulah berbagai fungsi protein dalam tubuh yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News