Keluarga

Ini Beberapa Alasan Kenapa Kamar Mandi di Rumah Moms Selalu Bau

Ini Beberapa Alasan Kenapa Kamar Mandi di Rumah Moms Selalu Bau

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi yang selalu mengeluarkan bau tak sedap, pasti membuat Moms frustasi. Kenapa hal ini terus-terusan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? 

Jika toilet terus-terusan mengeluarkan bau tak sedap, Anda membutuhkan solusi yang tepat. Anda harus mencari tahu akar masalahnya dan segera mengatasinya alih-alih fokus pada cara-cara yang bersifat sementara untuk menghilangkan bau. 

Kenapa kamar mandi  di rumah selalu mengeluarkan bau tak sedap?

Ventilasi yang buruk

Salah satu penyebab toilet Anda selalu mengeluarkan bau tak sedap adalah tidak memiliki ventilasi yang memadahi. Ini biasanya menjadi alasan umum penyebab toilet berbau tak sedap. 

Saat toilet tidak memiliki ventilasi yang memadai bau dan lembab dari penggunaan toilet untuk mandi, buang air dan saluran buang terjebak di dalam ruangan.

Air yang menggenang ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk jamur tumbuh dan menyebabkan bau tak sedap, 

Selain itu tidak adanya sirkulasi udara bisa membuat bakteri tumbuh di berbagai macam permukaan seperti tembok, toilet dan handuk. Nah, bakteri ini juga biasanya menyebabkan gas dengan bau yang tak sedap dan menyebabkan toilet berbau. 

Baca Juga: Dorong Inovasi di Bidang Digital, Sampoerna University Hadirkan Festival Technology

Pipa ventilasi tersumbat

Pipa ventilasi  berfungsi mengatur tekanan udara di dalam pipa dan membiarkan gas saluran pembuangan keluar dengan aman. Pipa vertikal ini mengalirkan sistem pembuangan keluar biasanya melalui atap. 

Sehingga kotoran dari luar bisa menghalanginga termasuk ranting, daun dan sarang burung. Ketika ini terhalang maka akan mengganggu atau menghentikan aliran udara normal melalu sistem perpipaan Anda sehingga gas tidak dapat keluar. 

Membersihkan pipa dari benda-benda yang menghalanginya akan memperbaiki proses pengeluaran gas dan menghilangkan bau tak sedap. 

Perangkap P yang kering
Saluran P pada wastafel dan toilet

Perangkap P sangat penting untuk perlengkapan pipa Anda terutama pancuran, wastafel dan toilet karena membantu menjaga kamar mandi bebas dari bau dan lebih sehat. 

Perangkat P ini berbentuk U dan didesain untuk menahan sejumlah air kecil setiap saat. Air yang terperangkap ini menciptakan penghalang alami untuk mencegah bau atau gas saluran pembuangan masuk melalui sistem perpipaan ke rumah Anda. 

Jika Anda tidak sering menggunakan toilet maka air dalam perangkap P ini akan menguap. Tanpa adanya penghalang air maka bau dari sampah yang membusuk di saluran pembuangan akan naik melalui pipa-pipa dan memenuhi kamar mandi Anda.

Masalah pada saluran pembuangan

Masalah saluran pembuangan terutama kebocoran atau keretakan merupakan risiko yang mengancam kenyamanan dan kebersihan rumah Anda. Ini membuat gas saluran pembuangan keluar dan menyebabkan bau tidak sedap.

Saluran pembuangan seharusnya kedap udara sehingga gas keluar dengan aman melalui atap. Namun, jika kendor, putus atau retak maka gas akan masuk ke dalam rumah dan menimbulkan bau kotoran atau telur busuk. 

Baca Juga: Di Luar Nalar, 6 Tontonan Fantasi Ini Kisahnya Diangkat Dari Mitos Loh

Adanya penumpukan kotoran di tangki toilet
tangki toilet kotor

Tangki toilet bertugas untuk menjaga toilet tetap lembab. Namun tangki juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Nah saat bakteri tumbuh maka air toilet akan berbai tidak sedap. Sehingga sebaiknya bersihkan tangki toilet secara rutin. 

Segel saluran pembuangan yang rusak

Segel di lubang atau saluran pembuangan memegang peranan penting untuk menjaga kamar mandi bebas dari bau. Segel ini menyegel gas dan air antara pipa pembuangan dan dasar toilet. 

Seiring berjalannya waktu segel akan rusak karena aus atau perubahan suhu. Jika segel rusak maka gas akan dari saluran pembuangan akan naik ke atas ke kamar mandi dan menyebabkan bau. 

Flensa toilet terlalu rendah
flensa toilet terlalu rendah

Flensa toilet adalah bagian penting dari proses pemasangan toilet dan merupakan antarmuka antara pipa pembuangan limbah dan dasar toilet. 

Anda membutuhkan segel gas dan anti air untuk mencegah kebocoran dan menghalangi keluarnya gas saluran pembuangan ke kamar mandi Anda. Namun jika flensa dipasang terlalu rendah dibandingkan permukaan lantai, hal ini akan membahayakan segelnya. 

Ini masalah umum dalam renovasi kamar mandi dengan buaya yang lebih rendah. Jika flensa terlalu rendah maka flensa tidak dapat tersambung ke toilet dan menyebabkan bau bisa memenuhi kama mandi Anda. 

Baca Juga: Penuh Inspirasi, Baca 4 Rekomendasi Buku Tentang Slow Living Ini Yuk

Saluran air toilet tersumbat

Saluran air toilet tersumbat adalah masalah yang umum terjadi dan memiliki dampak besar menimbulkan bau pada kamar mandi. Penyumbatan terjadi saat bahan limbah, benda asing atau tisu menghalangi sistem pembuangan limbah. 

Jarang dibersihkan

Jarang membersihkan kamar mandi secara rutin juga bisa membuat jamur dan bakteri berkembang biak. Ini menyebabkan bau khas apek di kamar mandi. Anda perlu secara rutin membersihkan kamar mandi.

Biofilm atau bakteri di pipa

Biofilm atau bakteri yang melekan di permukaan pipa, terutama pipa yang lembab sangatlah signifikan menyebabkan bau tak sedap di kamar mandi. 

Biasanya, biofilm berbentuk lapisan berlendir yang terbentuk pada pipa. Sisa biofilm yang menumpuk akan membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap. 

Sikat WC yang kotor dan bau

Sikat WC yang kotor bisa menjadi sumber bau di kamar mandi. Sikat bisa menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme jahat jika tidak dibersihkan secara rutin.

Setelah menggunakan sikat WC sebaiknya bersihkan terlebih dulu sebelum dikembalikan ke dudukannya. 

Selanjutnya: Nonton Solo Leveling Episode 8 Belum Tersedia? Cek Jadwal Terbaru Berikut ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News