Keluarga

Ini Alasan Kenapa Toilet di Rumah Moms Selalu Bau!

Ini Alasan Kenapa Toilet di Rumah Moms Selalu Bau!

MOMSMONEY.ID - Toilet yang selalu mengeluarkan bau tak sedap pasti membuat Moms frustasi. Kenapa hal ini terus-terusan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? 

Jika toilet terus-terusan mengeluarkan bau tak sedap, Anda membutuhkan solusi yang tepat. Anda harus mencari tahu akar masalahnya dan segera mengatasinya alih-alih fokus pada cara-cara yang bersifat sementara untuk menghilangkan bau. 

Baca Juga: Ada Ghibli Park, Ini 5 Theme Park Jepang Wajib Dikunjungi Selain Universal Studios

Kenapa toilet di rumah selalu mengeluarkan bau tak sedap?

Ventilasi yang buruk
Salah satu penyebab toilet Anda selalu mengeluarkan bau tak sedap adalah tidak memiliki ventilasi yang memadahi. Ini biasanya menjadi alasan umum penyebab toilet berbau tak sedap. 

Saat toilet tidak memiliki ventilasi yang memadai bau dan lembab dari penggunaan toilet untuk mandi, buang air dan saluran buang terjebak di dalam ruangan. Air yang menggenang ini akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk jamur tumbuh dan menyebabkan bau tak sedap, 

Selain itu tidak adanya sirkulasi udara bisa membuat bakteri tumbuh di berbagai macam permukaan seperti tembok, toilet dan handuk. Nah bakteri ini juga biasanya menyebabkan gas dengan bau yang tak sedap dan menyebabkan toilet berbau. 

Pipa ventilasi tersumbat
Pipa ventilasi  berfungsi mengatur tekanan udara di dalam pipa dan membiarkan gas saluran pembuangan keluar dengan aman. Pipa vertikal ini mengalirkan sistem pembuangan keluar biasanya melalui atap. 

Sehingga kotoran dari luar bisa menghalanginga termasuk ranting, daun dan sarang burung. Ketika ini terhalang maka akan mengganggu atau menghentikan aliran udara normal melalu sistem perpipaan Anda sehingga gas tidak dapat keluar. 

Membersihkan pipa dari benda-benda yang menghalanginya akan memperbaiki proses pengeluaran gas dan menghilangkan bau tak sedap. 

Baca Juga: Cuaca Panas Terik, Musim Hujan Tahun Ini Lebih Singkat & Lebih Kering? Ini Kata BMKG

Perangkap P yang kering

Saluran P pada wastafel dan toilet
Perangkap P sangat penting untuk perlengkapan pipa Anda terutama pancuran, wastafel dan toilet karena membantu menjaga kamar mandi bebas dari bau dan lebih sehat. 

Perangkat P ini berbentuk U dan didesain untuk menahan sejumlah air kecil setiap saat. Air yang terperangkap ini menciptakan penghalang alami untuk mencegah bau atau gas saluran pembuangan masuk melalui sistem perpipaan ke rumah Anda. 

Jika Anda tidak sering menggunakan toilet maka air dalam perangkap P ini akan menguap. Tanpa adanya penghalang air maka bau dari sampah yang membusuk di saluran pembuangan akan naik melalui pipa-pipa dan memenuhi kamar mandi Anda.

Masalah pada saluran pembuangan
Masalah saluran pembuangan terutama kebocoran atau keretakan merupakan risiko yang mengancam kenyamanan dan kebersihan rumah Anda. Ini membuat gas saluran pembuangan keluar dan menyebabkan bau tidak sedap.

Saluran pembuangan seharusnya kedap udara sehingga gas keluar dengan aman melalui atap. Namun jika kendor, putus atau retak maka gas akan masuk ke dalam rumah dan menimbulkan bau kotoran atau telur busuk. 

Baca Juga: Mulai Hari Ini Beberapa Wilayah RI Alami Kulminasi: Hari Tanpa Bayangan!

Adanya penumpukan kotoran di tangki toilet

tangki toilet kotor
Tangki toilet bertugas untuk menjaga toilet tetap lembab. Namun tangki juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Nah saat bakteri tumbuh maka air toilet akan berbai tidak sedap. Sehingga sebaiknya bersihkan tangki toilet secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News