Keluarga

Cek, Ini Penyebab Kamar Mandi Selalu Mengeluarkan Bau Tak Sedap!

Cek, Ini Penyebab Kamar Mandi Selalu Mengeluarkan Bau Tak Sedap!

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi yang selalu mengeluarkan bau tak sedap pasti membuat Moms frustasi. Kenapa hal ini terus-terusan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? 

Jika kamar mandi terus-terusan mengeluarkan bau tak sedap, Anda membutuhkan solusi yang tepat. Anda harus mencari tahu akar masalahnya dan segera mengatasinya alih-alih fokus pada cara-cara yang bersifat sementara untuk menghilangkan bau. 

Baca Juga: Rekomendasi Kafe di Jogja, Cocok untuk Nongkrong Bersama Teman

Kenapa kamar mandi di rumah selalu mengeluarkan bau tak sedap?

Segel saluran pembuangan yang rusak
Segel di lubang atau saluran pembuangan memegang peranan penting untuk menjaga kamar mandi bebas dari bau. Segel ini menyegel gas dan air antara pipa pembuangan dan dasar toilet. 

Seiring berjalannya waktu segel akan rusak karena aus atau perubahan suhu. Jika segel rusak maka gas akan dari saluran pembuangan akan naik ke atas ke kamar mandi dan menyebabkan bau. 

Flensa toilet terlalu rendah

flensa toilet terlalu rendah
Flensa toilet adalah bagian penting dari proses pemasangan toilet dan merupakan antarmuka antara pipa pembuangan limbah dan dasar toilet. 

Anda membutuhkan segel gas dan anti air untuk mencegah kebocoran dan menghalangi keluarnya gas saluran pembuangan ke kamar mandi Anda. Namun jika flensa dipasang terlalu rendah dibandingkan permukaan lantai, hal ini akan membahayakan segelnya. 

Ini masalah umum dalam renovasi kamar mandi dengan buaya yang lebih rendah. Jika flensa terlalu rendah maka flensa tidak dapat tersambung ke toilet dan menyebabkan bau bisa memenuhi kama mandi Anda. 

Baca Juga: Mengapa Kulkas Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Coba Bersihkan Pakai 5 Cara Ini

Saluran air toilet tersumbat

saluran pembuangan WC mampet
Saluran air toilet tersumbat adalah masalah yang umum terjadi dan memiliki dampak besar menimbulkan bau pada kamar mandi. Penyumbatan terjadi saat bahan limbah, benda asing atau tisu menghalangi sistem pembuangan limbah. 

Jarang dibersihkan
Jarang membersihkan kamar mandi secara rutin juga bisa membuat jamur dan bakteri berkembang biak. Ini menyebabkan bau khas apek di kamar mandi. Anda perlu secara rutin membersihkan kamar mandi.

Baca Juga: 7 Jenis Roti Populer ala India dari Roti Puri hingga Dosa, Wajib Dicoba

Biofilm atau bakteri di pipa
Biofilm atau bakteri yang melekan di permukaan pipa, terutama pipa yang lembab sangatlah signifikan menyebabkan bau tak sedap di kamar mandi. 

Biofilm biasanya berbentuk lapisan berlendir yang terbentuk pada pipa. Sisa biofilm yang menumpuk akan membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap. 

Sikat WC yang kotor dan bau
Sikat WC yang kotor bisa menjadi sumber bau di kamar mandi. Sikat bisa menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme jahat jika tidak dibersihkan secara rutin. Setelah menggunakan sikat WC sebaiknya bersihkan terlebih dulu sebelum dikembalikan ke dudukannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News