Keluarga

8 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias di Kamar Mandi

8 Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias di Kamar Mandi

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi memiliki kelembapan yang biasanya lebih tinggi dan tingkat cahaya yang lebih rendah. Apakah Anda memelihara tanaman hias di kamar mandi?

Jika iya, Anda wajib menyimak tips menjaga kesehatan tanaman hias di kamar mandi. 

Ada beberapa tips menjaga kesehatan tanaman hias di kamar mandi agar tetap subur dan tumbuh. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui hal penting yang perlu dipertimbangkan saat menanam tanaman hias di kamar mandi. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini empat hal penting menanam tanaman hias di kamar mandi. 

1. Kelembapan 

Kamar mandi cenderung memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi karena mandi secara teratur. Meskipun beberapa tanaman menghargai hal ini, kelembapan yang berlebihan dapat menyebabkan jamur dan pembusukan.

2. Cahaya

Seringkali mereka memiliki cahaya alami yang terbatas. Pilih tanaman yang dapat tumbuh subur dalam cahaya rendah hingga sedang. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Tahun Baru Imlek yang Bisa Jadi Dekorasi di Dalam Rumah

3. Suhu

Kamar mandi dapat mengalami fluktuasi suhu, terutama jika tidak memiliki insulasi yang baik.

4. Ruang dan Ukuran 

Kamar mandi dapat mengalami fluktuasi suhu, terutama jika tidak memiliki insulasi yang baik.

Selain empat hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan tanaman yang akan dirawat. Pilih tanaman dengan cahaya redup seperti lidah mertua, sirih gading dan peace lily. 

Kemudian, pertimbangkan tanaman yang menyukai kelembapan seperti pakis, tanaman laba-laba dan anggrek. Tanaman ini dapat memanfaatkan tingkat kelembapan kamar mandi yang lebih tinggi.

Tips Menjaga Kesehatan Tanaman Hias di Kamar Mandi

Dekorasi kamar mandi putih coklat

Nah, berikut ini tips menjaga kesehatan tanaman hias di kamar mandi :

1. Pilih Wadah yang Tepat dan Campuran Pot

Pilih pot atau wadah yang memiliki lubang drainase untuk mencegah air menumpuk di bagian bawah, yang dapat menyebabkan busuk akar. 

Selain itu, gunakan campuran pot yang memiliki drainase yang baik untuk menjaga tingkat kelembapan yang ideal untuk tanaman Anda.

2. Tukar Lokasi

Sebaiknya ubah lokasi tanaman seminggu sekali – keluarkan dari kamar mandi dan letakkan di teras atau balkon yang cerah selama 4-5 jam. Ini akan membantu mereka mendapatkan sirkulasi udara dan paparan sinar matahari yang baik.

3. Pupuk Secukupnya

Hindari pemupukan yang berlebihan , karena tanaman kamar mandi umumnya membutuhkan frekuensi pemberian makan yang lebih jarang. Beri mereka makan sekali dalam 7-9 minggu, menggunakan pupuk cair berimbang yang diencerkan hingga 1/4 kekuatannya.

Baca Juga: 6 Inspirasi Pot Tanaman Hias dari Barang Bekas Rumah Tangga yang Antimainstream

4. Pantau Kelembaban Tanah 

Tempelkan jari Anda sekitar satu inci ke dalam tanah untuk memeriksa tingkat kelembapannya. Siram hanya jika tanah terasa kering, karena penyiraman yang berlebihan dapat berbahaya. Bagaimanapun, hindari menyiram tanaman setiap hari.

5. Pilih Varietas

Jika kamar mandi Anda memiliki ruang terbatas, pilihlah varietas kecil seperti sukulen yang berbeda. Mereka juga tumbuh lambat, sehingga menghindari ruangan menjadi terlalu penuh.

Beberapa pilihan tanaman lain yang tumbuh lambat dan juga menonjol adalah pothos, tanaman ular, pohon palem ekor kuda, tanaman laba-laba, dan philodendron.

6. Lampu Buatan 

Jika Anda tidak memiliki jendela di kamar mandi, gunakan lampu LED spektrum penuh – karena meniru sinar matahari alami, ini adalah pilihan terbaik untuk memastikan tanaman tetap sehat di area dengan pencahayaan redup.

Bahan ini juga menghasilkan lebih sedikit panas, sehingga cocok untuk ruangan kamar mandi yang terbatas dan lembap.

7. Bersihkan Daun Sesekali

Seiring waktu, percikan dari aktivitas kamar kecil dan mandi dapat menyebabkan bintik-bintik air pada dedaunan – hal ini penting jika Anda memiliki air sadah.

Sebaiknya bersihkan daun tanaman secara teratur menggunakan kain katun lembab – ini akan memastikan tanaman menyerap cahaya terbatas dengan lebih baik – membantu mereka dalam fotosintesis. 

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Terbaik Bantu Tidur Nyenyak, Cocok Ada di Kamar

8. Hindari Tanaman Berlebihan

Hindari mengelompokkan banyak tanaman bersama-sama karena kamar mandi sudah memiliki kelembapan tinggi dan hal ini akan mengakibatkan terlalu banyak tanaman sehingga tanaman menjadi layu. Hal ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan yang buruk dan penyakit.

Nah itulah beberapa tips menjaga kesehatan tanaman hias di kamar mandi. 

Selanjutnya: China Mengumumkan Pemotongan Rasio Cadangan Bank Terbesar Sejak Desember 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News