Keluarga

Hindari Paparan Sinar Matahari, Bahaya Sinar UV Hari Ini Capai Level Ekstrem

Hindari Paparan Sinar Matahari, Bahaya Sinar UV Hari Ini Capai Level Ekstrem

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Selasa, 28 November 2023.

Paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT. Pada jam ini, sebagian Papua, seluruh Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur bakal alami paparan sinar UV berbahaya sedang. 

Lalu, seluruh Papua akan mengalami paparan sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 11.00 WIT hingga 12.00 WIT. Namun, sebagian Sulawesi, perairan sekitar Maluku dan perairan sekitar Nusa Tenggara akan alami sinar UV berbahaya level ekstrem.

Baca Juga: Panas Berkurang, Suhu Tertinggi di Indonesia Akhir Pekan Lalu Capai 36,8°C

Berikut jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Selasa, 28 November 2023.

  • 10.00 WIB: Perairan sekitar Papua Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya ekstrem. Sedangkan Jawa, Sumatera Selatan dan sebagian besar Kalimantan alami sinar UV bahaya sangat tinggi. 
  • 11.00 WIB: Sunar UV bahaya ekstrem meliputi perairan di barat Sumatra, selatan Jawa, selatan Balu dan Nusa Tenggara serta perairan antara Maluku dan Sulawesi. Sebagian Sumatera dan Jawa alami sinar UV bahaya sangat tinggi. 
  • 12.00 WIB: Sinar UV dengan bahaya ekstrem akan meliputi perairan barat Sumatera dan selatan Jawa. Sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan, seluruh Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya sangat tinggi. 

Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT wilayah Indonesia akan diliputi sinar UV bahaya sedang. Kecuali Sumatera yang masih diliputi sinar UV sangat tinggi.

Level bahaya sinar UV akan berangsur pulih setelah pukul 15.00 WIB. Kondisi paling aman akan terjadi mulai pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Jawa Mulai Basah, Ini Prakiraan Cuaca Hujan Sepekan Ke Depan

Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News