Keluarga

Sinar UV Berbahaya Masih Berlangsung Hari Ini, Hindari Paparan Matahari Jam Berikut

Sinar UV Berbahaya Masih Berlangsung Hari Ini, Hindari Paparan Matahari Jam Berikut

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 25 November 2023 .

Prediksi BMKG, wilayah Indonesia masih akan mengalami paparan sinar UV berbahaya pada Sabtu, 25 November 2023. 

Paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT. Pada jam ini, Sulawesi, sebagian Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, dan Jawa Timur bakal alami paparan sinar UV berbahaya sedang. 

Baca Juga: Promo Sociolla Terbaru Spesial Gajian, Diskon s/d 60% Berlaku 24 November 2023

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB pagi, sinar UV berbahaya sangat tinggi akan meliputi Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara.

Indeks paparan sinar UV berbahaya akan terus meningkat sejak pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT di setiap wilayah di Indonesia. 

Sehingga, ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Sabtu, 25 November 2023:

  • 10.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi bagian utara akan mengalami bahaya sinar UV ekstrem. Sebagian Kalimantan, seluruh Bali, Nusa Tenggara, Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah alami sinar UV berbahaya sangat tinggi.
  • 11.00 WIB: Sebagian kecil Kalimantan, perairan sekitar Sulawesi dan Maluku alami sinar UV berbahaya ekstrem. Wilayah lain secara merata akan alami bahaya sinar UV level sangat tinggi.
  • 12.00 WIB: Seluruh wilayah di Indonesia kecuali Papua alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 

Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 10.00 WIB, 11.00 WITA dan 112.00 WIT hingga 14.00 WIB, 15.00 WITA dan 16.00 WIT.

Lalu, sinar UV dalam level aman akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 15.00 WIT dan segera menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Suhu Terpanas Pekan Ini Capai 38,2°C, Ini Daftar Daerahnya

Saat terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News