Bugar

Hindari Makanan Ini Waktu Sahur, Bisa Bikin Sering Haus saat Puasa lo

Hindari Makanan Ini Waktu Sahur, Bisa Bikin Sering Haus saat Puasa lo

MOMSMONEY.ID - Biar puasa aman tanpa rasa sering haus, jangan konsumsi makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur ini.

Sahur merupakan momen krusial selama bulan Ramadan, dimana umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk berpuasa sepanjang hari hingga waktu berbuka tiba.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur sangat berpengaruh terhadap energi, kenyamanan, dan terutama rasa haus selama berpuasa.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur agar tidak menimbulkan rasa haus yang berlebihan.

Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur untuk mengurangi potensi rasa haus dan menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari:

1. Makanan asin

Konsumsi makanan yang mengandung kadar sodium atau garam tinggi dapat memicu perasaan haus karena mengacaukan keseimbangan cairan tubuh.

Dikutip dari Moment of Science, terlalu banyak garam dalam sistem tubuh dapat merusak keseimbangan hidrasi pada sel, yang mengakibatkan rasa haus yang meningkat.

Baca Juga: 5 Keuntungan Masak Sendiri di Rumah Terutama di Masa Ramadan

2. Makanan dan minuman berkafein

Kopi, teh, dan beberapa jenis minuman bersoda mengandung kafein, yang memiliki efek diuretik atau menyebabkan tubuh memproduksi urine lebih banyak.

Konsumsi makanan atau minuman berkafein saat sahur dapat mempercepat dehidrasi dan meningkatkan rasa haus selama berpuasa.

3. Makanan berminyak

Menyadur dari Hello Sehat, konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dapat meningkatkan rasa haus.

Hal ini terjadi karena proses memasak dengan metode menggoreng atau menumis mengurangi kandungan air dalam makanan dan menggantikannya dengan lemak.

Untuk sahur, lebih baik memilih makanan yang dimasak dengan metode seperti direbus, dikukus, atau dipanggang untuk mengurangi asupan lemak dan minyak.

Baca Juga: Eksis Jadi Sajian Bulan Puasa, Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

4. Makanan tinggi gula

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi, seperti kue, permen, dan minuman manis, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah diikuti dengan penurunan tajam yang memicu rasa lapar dan haus.

Makanan ini juga kurang memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Sebagai alternatif, pilih sumber karbohidrat kompleks yang melepaskan energi secara perlahan, seperti oatmeal atau roti gandum, yang juga kaya serat dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Itulah makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur. Memilih makanan yang tepat saat sahur sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari rasa haus yang berlebihan selama berpuasa.

Konsumsi makanan yang kaya akan air, serat, dan nutrisi penting seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak.

Dengan menghindari makanan di atas dan menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat, Anda bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan penuh energi.

Selanjutnya: Anti Lemas, Menu Sahur Ini Bikin Tubuh Berenergi dan Kuat Selama Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News