Bugar

Eksis Jadi Sajian Bulan Puasa, Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

Eksis Jadi Sajian Bulan Puasa, Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Kerap menjadi sajian saat bulan puasa, pernahkah terpikirkan perihal manfaat kolang-kaling untuk kesehatan?

Kolang-kaling, sajian khas yang sering muncul saat bulan puasa, merupakan makanan yang berasal dari biji aren. Tidak hanya lezat, kolang-kaling juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang membuatnya layak untuk dijadikan bagian dari menu berbuka puasa atau sahur.

Momsmoney akan membahas beberapa manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui. Yuk, simak selengkapnya.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan!

Kandungan nutrisi dalam kolang-kaling

Kolang-kaling, yang dikenal juga sebagai buah atap atau endosperma dari pohon aren (Arenga pinnata), menyimpan beragam kandungan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa kandungan nutrisi utama yang terdapat dalam kolang-kaling:

  • Galaktomanan,
  • Vitamin C,
  • Zat besi,
  • Pati,
  • Serat,
  • Kalsium, dan
  • Fosfor.

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Adapun manfaat kolang-kaling untuk kesehatan, melansir dari Hello Sehat:

1. Menghambat penuaan dini

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa buah dari pohon aren (Arenga pinnata) kaya akan galactomannan, sebuah jenis gula polisakarida yang berpotensi memiliki efek anti-penuaan.

Galactomannan berhasil mengurangi aktivitas tirosinase, enzim yang berperan dalam pembentukan melanin, lebih dari separuh. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, yang juga berkontribusi pada pembentukan bintik-bintik akibat penuaan.

Selain itu, galactomannan dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, walaupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Baca Juga: Dapatkan Berat Badan Ideal, Konsumsi 5 Olahan Kentang untuk Diet Ini

2. Memperbaiki kesehatan pencernaan

Kolang-kaling bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan karena mengandung sekitar 1,6 gram serat tidak larut per 100 gram, yang mendukung pergerakan normal sistem pencernaan dan meningkatkan volume feses.

Makanan yang kaya akan serat tidak larut seperti kolang-kaling sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami sembelit.

3. Mencegah osteoporosis

Risiko kehilangan massa tulang meningkat pada wanita pasca-menopause akibat penurunan hormon estrogen. Kolang-kaling, dengan kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, dapat berkontribusi pada pencegahan penurunan massa tulang.

Sebuah penelitian dalam jurnal IIOAB menemukan bahwa konsumsi kolang-kaling dapat meningkatkan kepadatan tulang, khususnya jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik seperti tai chi, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca Juga: Tak Perlu Cemas, Ini Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah

4. Meningkatkan hidrasi tubuh

Kandungan air yang tinggi dalam kolang-kaling bersama dengan berbagai vitamin dan mineralnya membantu dalam menghidrasi tubuh. Menjaga hidrasi tubuh sangat penting untuk semua orang, baik dalam kondisi sehat maupun sakit.

5. Menurunkan risiko penyakit kronis

Galactomannan dalam kolang-kaling dapat meningkatkan kandungan serat pangan, yang memiliki manfaat dalam mencegah penyakit-penyakit seperti kardiovaskular, diabetes, dan obesitas.

Serat pangan tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit hati, stroke, dan hipertensi.

Baca Juga: Benarkah Minum Air Hangat Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Faktanya di Sini!

6. Meningkatkan imunitas

Vitamin C dan serat dalam kolang-kaling mendukung sistem imun tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan serat menjaga kesehatan sistem pencernaan yang merupakan kunci untuk imunitas yang baik.

7. Mencegah defisiensi zat besi

Kolang-kaling adalah sumber zat besi yang membantu dalam produksi hemoglobin, penting untuk transportasi oksigen dalam darah. Konsumsi kolang-kaling dapat membantu mencegah kondisi seperti anemia defisiensi zat besi.

Baca Juga: Olahraga untuk Mengecilkan Paha Besar, Coba yuk!

8. Memberikan energi

Sumber karbohidrat kompleks dalam kolang-kaling, yaitu pati, berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Ini menjadikannya pilihan makanan yang ideal untuk berbuka puasa, memberikan energi yang diperlukan setelah berpuasa sepanjang hari.

Demikianlah pembahasan terkait manfaat kolang-kaling untuk kesehatan. Dengan segala manfaat kesehatannya, tidak heran jika kolang-kaling menjadi salah satu makanan favorit yang sering dihidangkan saat bulan puasa.

Tidak hanya memberikan kesegaran dan kelezatan, tapi juga membantu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News