Bugar

Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi lo

Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi lo

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada beberapa kebiasaan yang bisa picu kolesterol tinggi, lo. Apa saja? Simak berikut ini.

Kolesterol tinggi telah menjadi perhatian utama dalam kesehatan orang-orang di seluruh dunia. Meski sering kali dihubungkan dengan faktor genetik dan usia, gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari juga berperan besar dalam meningkatkan risiko ini.

Sebenarnya, apa saja sih kebiasaan yang bisa memicu kolesterol tinggi? Tenang, di bawah ini adalah uraian dari beberapa di antaranya. Yuk, simak selengkapnya, melansir dari Very Well Health:

1. Kurang gerak

Apakah Anda suka berlama-lama duduk di sofa? Kegiatan ini memang terasa nyaman, terlebih jika ditemani camilan. Namun, hal ini bisa menimbulkan risiko obesitas, lo.

Obesitas akibat kurang gerak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hipertensi. Ini karena obesitas dapat menurunkan kolesterol HDL (baik) yang berfungsi mengeliminasi kolesterol buruk, serta meningkatkan trigliserida.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Setiap Hari, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

2. Merokok atau terpapar asap rokok

Merokok menurunkan kolesterol HDL, yang berarti penumpukan kolesterol buruk lebih banyak. Kebiasaan ini juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Berhenti merokok dapat memperbaiki tingkat kolesterol dan melindungi arteri dari pengerasan. Jika Anda bukan perokok, hindari paparan asap rokok.

3. Makan tidak sehat

Lemak trans ditemukan dalam makanan goreng, kue kering, dan makanan kemasan. Mereka meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL.

Periksa label makanan untuk membatasi lemak trans dan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Gantikan lemak jenuh dan trans dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat, seperti yang terdapat dalam ikan, alpukat, zaitun, dan kenari, serta minyak nabati cair.

Namun, pastikan total asupan lemak tidak lebih dari 30% dari total kalori harian.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kafein dalam Berbagai Jenis Teh? Ini Dia Kadarnya

4. Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kolesterol tidak sehat. Untuk pria, disarankan tidak lebih dari dua minuman sehari, sementara untuk wanita, batasnya adalah satu minuman.

Dengan konsumsi alkohol yang terkontrol, Anda dapat membantu meningkatkan kadar HDL, atau kolesterol "baik" Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsinya, ya!

5. Kurang tidur

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi dengan mengganggu metabolisme dan hormonal, termasuk produksi kolesterol.

Kebiasaan buruk yang satu ini sering mengakibatkan peningkatan kolesterol LDL (jahat) dan penurunan HDL (baik). Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu stres, yang berkontribusi pada penyakit jantung.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengelola dan mencegah kolesterol tinggi? Mengadopsi diet seimbang yang kaya akan serat dan rendah lemak jenuh adalah langkah pertama yang penting.

Ini termasuk mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian utuh serta membatasi konsumsi makanan olahan dan berlemak.

Olahraga teratur, idealnya 30 menit sehari dapat membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol juga akan memberikan manfaat signifikan terhadap profil kolesterol.

Mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berlibur juga penting.

Selain itu, memastikan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Perusahaan Afiliasi Grup Bakrie, Ancara Logistics (ALII) Pasang Harga IPO Rp 272

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News