Keluarga

4 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Setiap Hari, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

4 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Setiap Hari, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari di sini.

Alpukat termasuk buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat dan teksturnya yang creamy, alpukat juga mengandung banyak nutrisi.

Seperti serat, lemak, protein, magnesium, vitamin B, vitamin E, dan karotenoid yang menawarkan beragam manfaat kesehatan.

Saat dikonsumsi setiap hari, alpukat dapat memberikan manfaat luar biasa yang mungkin tidak banyak orang tahu.

Baik untuk jantung, berikut 4 manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari, dilansir dari laman Eating Well:

Baca Juga: Begini Ketentuan Bawa Koper Airwheel Saat Naik Garuda Indonesia

1. Meningkatkan kesehatan usus

Manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan usus.

Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan usus. Dengan memenuhi asupan serat harian, itu akan memberi makan sekaligus mendorong bakteri baik pada usus.

Salah satu makanan kaya serat adalah alpukat. Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan di Journal of Nutrition, mengonsumsi alpukat setiap hari mampu menghasilkan lebih banyak bakteri yang memfermentasi serat dan menurunkan konsentrasi asam empedu tinja.

Perlu Anda tahu bahwa konsentrasi asam empedu tinja yang tinggi dapat menimbulkan masalah seperti meningkatkan peradangan usus dan menyebabkan beberapa kondisi termasuk masalah kandung empedu.

Sebaliknya, penurunan asam empedu tinja dapat mengurangi diare yang tidak diketahui penyebabnya. Biasanya, diare jenis ini bisa menyebabkan malabsorpsi nutrisi jika tidak ditangani tepat waktu.

2. Mempertahankan berat badan yang stabil

Manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari yang kedua yaitu mempertahankan berat badan yang stabil.

Kendati kandungan lemak pada alpukat menjadikannya tinggi kalori, namun sebuah penelitian tahun 2022 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association mengamati bahwa orang yang makan 1 buah alpukat per hari selama 6 bulan dapat mempertahankan berat badan yang stabil.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi alpukat tidak berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Justru, mengonsumsi alpukat setiap hari sebenarnya dapat mencegah penambahan berat badan, menurut studi tahun 2019 di Nutrients.

Selain itu, studi di Journal of Nutrition tahun 2021 menemukan bahwa menikmati alpukat setiap hari mampu membantu mengurangi lemak visceral pada wanita.

Adapun alasan mengapa alpukat sangat baik untuk mengatur berat badan yaitu karena alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh tunggal. Serat sendiri telah terbukti mampu meningkatkan rasa kenyang.

Sementara lemak tak jenuh tunggal khususnya asam oleat dapat menurunkan penyimpanan lemak bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Apa Itu Beasiswa Parsial LPDP? Simak Penjelasan dan Syarat Daftarnya!

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari yang ketiga yaitu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut CDC, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian pada pria, wanita, serta orang-orang dari semua latar belakang ras dan etnis.

Guna mengurangi risiko penyakit jantung, penting bagi Anda untuk menerapkan pola makan yang kaya kalium, magnesium, serat, folat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, dan antioksidan. Masing-masing nutrisi yang menyehatkan jantung ini dikemas dengan sempurna di dalam alpukat matang.

Karena kepadatan nutrisinya yang tinggi, mengonsumsi alpukat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner sebesar 16% hingga 22%, menurut sebuah studi di Journal of American Heart Association tahun 2022.

Para peneliti mencatat, mengganti setengah porsi mentega, margarin, telur, keju, yogurt, atau daging olahan dengan jumlah alpukat yang sama secara signifikan menurunkan risiko kondisi tersebut.

Studi lain di Journal of Nutrition pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa salah satu cara alpukat dalam mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan menurunkan kolesterol LDL teroksidasi yang dapat menyebakan penyumbatan arteri.

4. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari yang keempat yaitu meningkatkan fungsi otak.

Jika Anda tertarik untuk mencegah penurunan kognitif dan meningkatkan kesehatan otak, konsumsilah alpukat setiap hari.

Menurut studi tahun 2020 di International Journal of Psychology, alpukat mengandung senyawa lutein yang melintasi penghalang darah-otak serta dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Lutein sendiri adalah karotenoid atau pigmen tumbuhan yang menyumbang 66% hingga 77% dari total konsentrasi karotenoid di otak manusia. Senyawa ini dipercaya memberikan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu perlindungan otak.

Sebuah studi di Frontiers in Nutrition tahun 2021 menemukan bahwa orang lanjut usia yang makan alpukat memiliki skor kognitif yang jauh lebih tinggi di semua tes kognitif.

Dari tes kognitif yang dinilai, mengonsumsi alpukat secara signifikan meningkatkan kinerja memori. Temuan ini penting karena daya ingat biasanya merupakan area pertama yang mengalami penurunan pada individu dengan penyakit neurodegeneratif terkait usia.

Itulah 4 manfaat mengonsumsi alpukat setiap hari yang harus Anda tahu.

Selanjutnya: Nasib Si Raja Rempah yang Gontai Dihadang Perang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News