Keluarga

Daftar Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Musim Hujan, Bisa Disimpan di Dalam Rumah

Daftar Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Musim Hujan, Bisa Disimpan di Dalam Rumah

MOMSMONEY.ID - Musim hujan sangat cocok untuk bersantai di tengah rimbunnya tanaman hijau di taman Anda yang sedang mekar. Suhu dingin dan kelembapan udara bermanfaat bagi beberapa tanaman hias indoor. 

Apa saja tanaman hias indoor yang cocok untuk musim hujan? Ada beberapa tanaman hias indoor yang bisa Anda simpan dalam ruangan. 

Tanaman hias indoor yang cocok untuk musim hujan ini akan semakin menambah suasana di dalam rumah menjadi lebih menenangkan. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor Mudah Perawatan, Cocok bagi Pemula

Mengutip My Flower Tree, berikut daftar tanaman hias indoor yang cocok untuk musim hujan:

1. Gulmohar

Gulmohar adalah semak menarik dengan bunga berwarna merah dan oranye cerah yang mekar selama musim hujan. Tanaman musim hujan untuk rumah ini dikagumi karena keindahannya. 

Pada fase pematangan menghasilkan mahkota besar berbentuk payung. Ini mungkin mencapai ketinggian maksimum 30-40 kaki. Tanaman ini ideal untuk memberikan warna dan pertumbuhan subur pada lanskap Anda.

2. Fistula Cassia 

Saat musim hujan, ini adalah salah satu pohon yang paling sering ditanam namun indah. Selama musim hujan, bunga-bunga emas ini tersusun berkelompok di dedaunan, memberikan penampilan yang indah. 

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengisi kekosongan di lanskap Anda. 

Daun pohon ini dapat dimakan sebagai sayuran, dan bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein yang baik bagi ternak, selain untuk menambah keindahan pekarangan rumah Anda. Musim hujan Cassia hanya membutuhkan sinar matahari dan udara yang cukup untuk tumbuh subur.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Sehat saat Musim Hujan

3. Plumeria atau Kembang Kantil

Plumeria adalah tanaman musim hujan terbaik yang paling berwarna dan menarik secara visual yang hadir dalam berbagai warna. Mereka tampak seperti semak indah yang mekar di bawah sinar matahari langsung. 

Mereka tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase baik dan hanya membutuhkan pemangkasan sesekali. Tanaman ini tahan terhadap pasir dan angin, meskipun mungkin menderita dalam cuaca dingin.

4. Marigold

Marigold adalah tanaman dengan perawatan rendah yang menambah percikan warna pada taman Anda sekaligus menarik lebah, kupu-kupu, dan makhluk bermanfaat lainnya. Dalam waktu sekitar delapan minggu, biji marigold berkecambah dan berbunga. 

Tersedia dalam warna oranye dan kuning dengan aksen merah, tembaga, emas, atau kuningan. Marigold tersedia dalam ukuran mulai dari tinggi 6 inci hingga 4 kaki dan lebar 6 inci hingga 2 kaki.

5. Cleome

Cleome adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Cleomaceae. Ia juga dikenal sebagai bunga laba-laba, tanaman lebah, atau tanaman laba-laba. Ini adalah semak runcing dan tinggi dengan tandan bunga. 

Tanaman wangi untuk musim hujan tersedia dalam berbagai warna, antara lain pink, putih, mawar, dan ungu muda. Menanam cleome di kebun sayur menarik serangga-serangga bermanfaat sekaligus mengusir hama yang merusak tanaman.

Baca Juga: Tips Tanaman Hias Indoor Dapat Banyak Cahaya, Pakai 5 Cara Praktis

6. Kembang Sepatu

Bunga besar berwarna-warni berbentuk terompet bermekaran di semak hijau dengan dedaunan hijau tua ini. Kembang sepatu merupakan salah satu tanaman sederhana musim hujan yang berbunga lebat dan dapat dibudidayakan sebagai tanaman tunggal maupun sebagai tanaman pagar. 

Bunga mekar ini, yang hadir dalam berbagai warna mulai dari merah, persik, hingga kuning, cenderung menarik banyak kupu-kupu dan burung kolibri, menambah keindahan indah pada taman Anda.

7. Duranta

Pigeon berry, atau Duranta, merupakan tanaman semak tropis yang tumbuh subur di kondisi panas. Itu menyebar ke seluruh area taman dengan daun hijau lebar yang menjuntai. 

Duranta mekar sepanjang musim dengan bunga-bunga berwarna biru, putih krem, atau ungu yang memukau. Keindahan bunganya semakin diperkuat dengan jejak panjang daun hijau dan buah beri kuning keemasan yang mengalir di sekitarnya. 

Bunga mekarnya berfungsi sebagai surga bagi berbagai kupu-kupu dan burung yang memakan buah beri, menjadikannya tanaman musim hujan yang ideal.

Baca Juga: Tips agar Tanaman Hias Indoor Dapat Lebih Banyak Cahaya, Ikuti 6 Cara Ini

Panduan perawatan tanaman musim hujan 

1. Berhati-hatilah saat memeriksa potnya sebelum menyiramnya. Mereka hanya memerlukan sedikit air pada periode ini. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan akar.

2. Pastikan sistem drainase pot berfungsi dengan baik, karena tidak boleh ada genangan air.

3. Selama musim hujan, tingkat kelembapan tinggi, jadi pastikan tanaman memiliki ventilasi dan cahaya yang cukup.

4. Untuk menjauhkan hama dan penyakit dari tanaman dalam ruangan Anda selama musim hujan, semprotkan tanaman tersebut dengan insektisida dan fungisida seminggu sekali.

5. Selama musim hujan, gulma dan serangga menjadi perhatian umum, karena hujan dan angin membawa hewan-hewan yang tidak diinginkan ini. Gulma dapat mengganggu nutrisi dan perkembangan alami tanaman. Singkirkan gulma dari kebun Anda sebelum menyebabkan kerusakan.

6. Selama musim hujan, katak dan kodok harus diizinkan berada di taman melalui air yang mengalir atau aliran sungai. Mereka memakan serangga dan membantu menjaga taman bebas dari serangga.

Nah, itulah beberapa tanaman hias indoor yang cocok untuk musim hujan. Inilah saatnya membuat taman Anda semakin menawan dengan tanaman monsun yang menakjubkan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News