Keluarga

5 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Sehat saat Musim Hujan

5 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Sehat saat Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tips menjaga tanaman hias tetap sehat saat musim hujan. 

Meskipun curah hujan mendorong penghijauan, waktu-waktu ini juga merupakan waktu yang sulit bagi tanaman. Hujan membawa kelembapan, infeksi, dan hama yang menyulitkan tanaman untuk tumbuh dan bertahan hidup. 

Musim hujan tak selalu baik bagi tanaman. Air memang kunci pertumbuhan tanaman. Namun, tetap periksa seberapa banyak Anda menyiram tanaman selama musim hujan. 

Tumbuhan yang berbeda memiliki kebutuhan air yang berbeda pula.  Misalnya, kebutuhan air kaktus jauh berbeda dengan kebutuhan tanaman tahunan.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Ini 6 Tips Baju Bebas Bau Apek Selama Musim Hujan

Perlu diketahui bahwa saat hujan, kadar air di udara sudah sangat tinggi. Disarankan untuk memeriksa kelembapan tanah sebelum menyiram.

Jika Anda menemukan tanah memiliki kelembapan tinggi, jangan disiram. 

Tanaman membutuhkan air jika lapisan atas tanah kering. Jadi, periksalah sebelum menyiram tanaman Anda. Selain itu, saat menyiramnya, disarankan untuk menggunakan alat penyiram agar Anda tidak menyiram secara berlebihan.

Selain tips di atas, berikut tips menjaga tanaman hias tetap sehat saat musim hujan:

aglonema big roy

1. Kendurkan tanah di dalam pot

Dengan menggemburkan tanah pada tanaman, Anda memberikan ruang bagi akar untuk bernapas dan meregang, sekaligus meningkatkan sirkulasi udara.

Jika tanahnya rapat dan kaku, tanah yang berada jauh di dalam pot tidak akan sempat mengering dan kelembapan yang terperangkap ini menyebabkan pembusukan tanaman.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Baju Bau Apek Saat Musim Hujan, Bisa Pakai Cuka Lho!

2. Perlindungan dari hama dan jamur

Hujan adalah saat dimana tanaman terserang banyak penyakit jamur. Tepat sebelum musim hujan tiba, bersihkan semua daun tanaman yang mati dan layu.

Disarankan untuk memangkas tanaman, yang secara efektif akan membantu mencegah pertumbuhan jamur dan menghilangkan serangan serangga. 

Pemangkasan akan memastikan adanya sirkulasi udara yang baik yang dibutuhkan tanaman untuk mencegah berkembangnya penyakit jamur. Ini juga akan membantu pertumbuhan tanaman yang lebih baik.

Salah satu penyakit tanaman yang umum terjadi pada musim hujan adalah embun tepung, berupa bubuk putih yang menempel di permukaan daun dan akhirnya menyebabkan daun dan tanaman layu dan mati. Hal ini dapat dicegah dengan meletakkan tanaman di bawah sinar matahari. 

Jika tidak ada sinar matahari saat sedang musim hujan, oleskan minyak nimba pada permukaan daun. Antraknosa adalah infeksi jamur lain yang umum terjadi selama musim hujan. 

Untuk mengatasinya, ada baiknya bagian tanaman yang terserang sebaiknya dipangkas agar bagian tanaman yang tersisa tetap terselamatkan. 

3. Gunakan disinfektan untuk hilangkan jamur

Disinfektan seperti hidrogen peroksida dapat digunakan pada tanaman selama musim hujan untuk menghilangkan jamur yang mungkin berkembang pada tanaman. Sebagian hidrogen peroksida bila dicampur dengan air dan disemprotkan merupakan disinfektan yang efektif. 

Anda bisa menyemprotkan disinfektan ini setiap dua minggu sekali selama musim hujan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

4. Pastikan drainase yang baik pada tanaman pot

Busuk akar merupakan masalah umum yang mempengaruhi kehidupan suatu tanaman. Pastikan semua tanaman dalam pot di rumah atau taman Anda memiliki drainase yang baik sehingga kelebihan air dapat terkuras dengan baik dan tidak mengendap di dasar pot. 

Jika ya, hal ini dapat berdampak pada akar, sehingga tanaman menjadi layu. Pastikan lubang drainase pada pot tidak tersumbat. 

Periksa juga tanah di dasar pot. Jika terlalu lengket, ada baiknya tanaman direpoting dengan tanah segar.

5. Isi pot sepenuhnya dengan tanah

Selama musim hujan, isi pot hingga penuh dengan tanah - sebaiknya campuran tanah dan pupuk kandang karena akan mencegah genangan air di bagian atas tanaman.

Genangan air ini tidak baik karena unsur hara memerlukan waktu untuk mencapai tanaman dan hama seperti nyamuk dapat berkembang biak.

Itulah beberapa tips menjaga tanaman hias tetap sehat saat musim hujan tiba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News