Santai

Tips agar Tanaman Hias Indoor Dapat Lebih Banyak Cahaya, Ikuti 6 Cara Ini

Tips agar Tanaman Hias Indoor Dapat Lebih Banyak Cahaya, Ikuti 6 Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias indoor atau tanaman hias dalam ruangan sering kali mendapatkan sedikit cahaya. Artikel ini memberikan tips agar tanaman hias indoor dapat lebih banyak cahaya.

Ada beberapa tips agar tanaman hias indoor dapat lebih banyak cahaya. Tanaman hias indoor juga perlu cahaya agar tetap tumbuh dan sehat.

Baca Juga: Kucing Muntah Mendadak? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi

Lalu, bagaimana cara tanaman hias indoor dapat lebih banyak cahaya?

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips agar tanaman hias indoor dapat lebih banyak cahaya. 

1. Jendela yang Cukup Terang

Selalu letakkan taman dalam ruangan Anda di dekat jendela yang mendapat banyak sinar matahari cerah. Berkat ini, proses fotosintesis dapat dilakukan dengan mudah.

Jendela yang menghadap ke selatan mendapat cahaya paling terang, sedangkan jendela yang menghadap ke barat dan timur mendapat cahaya sedang, dan jendela yang menghadap ke utara mendapat cahaya paling rendah.

Petunjuk ini penting karena Anda harus menempatkan tanaman Anda dengan tepat. Jika sinar matahari terlalu terik, gunakan tirai tipis yang menyebarkan cahaya.

2. Selalu Memilih Tanaman dengan Benar

Monstera

Saat memilih tanaman, pilihlah dengan bijak. Banyak tanaman dapat tumbuh subur bahkan dalam kondisi cahaya redup. 

Dracaena, Bromeliad, Tanaman Ular, Pakis, Philodendron, Aglaonema, Peperomia, dan Tanaman Doa adalah beberapa pilihan terbaik untuk ruangan dengan penerangan rendah.

3. Gunakan Lampu LED

Menggunakan lampu LED di area dengan cahaya redup adalah cara sempurna untuk memberikan jumlah cahaya yang cukup pada tanaman Anda. 

Karena menawarkan cahaya yang terang namun tersebar, ini adalah pilihan bagus untuk membantu pertumbuhan tanaman tanpa mengeksposnya secara berlebihan.

Baca Juga: Tanaman Hias Dalam Rumah yang Cocok Jadi Dekorasi, Simak Daftarnya

Cobalah untuk meniru pengaturan waktu alam dengan lampu LED Anda. Ini akan memberi tanaman Anda kesan pencahayaan alami dan membantunya tumbuh subur. Selain itu, perlu diingat bahwa lampu biru dan merah adalah yang terbaik dalam hal pertumbuhan. 

Hal ini karena cahaya berwarna ini terus-menerus diserap oleh klorofil pada tumbuhan, dan diubah menjadi energi melalui proses fotosintesis.

Gunakan setiap hari selama 6-8 jam. Jika Anda bepergian, Anda dapat tetap menyalakan LED selama 14-18 jam berturut-turut.

4. Terus Rotasi Tanaman

Karena tanaman secara alami condong ke arah sinar matahari, rotasikan semua tanaman di taman dalam ruangan Anda setiap 5-7 hari sekali. Ini akan membantu setiap bagian tanaman Anda terkena paparan sinar matahari, membantu pertumbuhan yang sehat dan merata.

5. Perkenalkan Grow Lights ke Rumah

Lampu pertumbuhan sangat bagus karena akan membuat tanaman Anda tetap tumbuh subur, bahkan selama musim dingin. Cahaya spektrum seimbang dengan pancaran alami dan hangat akan memberikan apa yang dibutuhkan tanaman Anda.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Hias Gantung agar Tumbuh Subur dan Cantik

Selalu pilih produk yang ringan dan portabel sehingga Anda dapat memindahkannya dengan mudah dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Anda juga dapat memilih lampu gantung atau panel yang dapat dibaut pada bingkai di dekat tanaman. 

Tersedia lampu dengan rentang lumen yang luas, dengan intensitas cahaya yang dapat disesuaikan juga.

Menggantung atau menempatkan lampu tumbuh di atas hamparan tanaman adalah cara terbaik. Ini meniru sinar matahari dan mengenai setiap daun. 

Tidak ada tanaman yang menyukai cahaya terang sepanjang waktu. Jadi, nyalakan pengatur waktu lampu yang meniru cahaya alami di luar ruangan. Jika Anda tidak memiliki akses ke pengatur waktu lampu, redupkan atau matikan lampu setelah pukul 17.00-18.00.

6. Pindahkan Tanaman 

Jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup terang di dalam ruangan, Anda bisa mendapatkan dua tanaman serupa. 

Terus pindahkan tempatnya dengan menempatkan satu di luar, di tempat yang mendapat banyak cahaya terang, lalu bawa ke dalam ruangan untuk memamerkan keindahannya, sementara yang lain di dalam ruangan mendapatkan semua cahaya yang dibutuhkan di luar.

Nah, itulah beberapa tips agar tanaman hias indoor dapat lebih banyak cahaya. 

Terus pindahkan tempatnya dengan cara ini, dan Anda akan dapat menikmati keindahan tanaman favorit Anda di dalam ruangan sekaligus menjaganya tetap sehat dan tumbuh subur!

Selanjutnya: Inilah Jadwal Libur Sekolah, Tanggal Merah & Cuti Bersama Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News