Keluarga

Daftar Sayuran yang Bisa Ditanam di Air, Lebih Mudah dan Praktis

Daftar Sayuran yang Bisa Ditanam di Air, Lebih Mudah dan Praktis

MOMSMONEY.ID - Saat ini ada banyak cara berkebun dengan mudah, salah satunya menggunakan media air. Ya, ada daftar sayuran yang bisa ditanam di air. 

Daftar sayuran yang bisa ditanam di air ini dapat lebih mudah untuk dipanen. Sebab, Anda bisa menempatkannya di dapur sehingga lebih mudah terlihat. 

Sayuran yang bisa ditanam di air ini juga tidak memerlukan banyak ruang. Bagi Anda pemula, daftar sayuran yang bisa ditanam di air bisa menjadi ide menarik percobaan Anda. 

Baca Juga: Daftar Sayur untuk Penderita Asam Urat, Bolehkah Asam Urat Diurut?

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini daftar sayuran yang bisa ditanam di air. 

1. Daun Bawang 

Anda dapat dengan mudah menumbuhkan kembali daun bawang di dalam air dengan memotong ujung akar daun bawang, menyisakan satu atau dua inci bagian putih dan hijau muda. Tempatkan batangnya dalam segelas air yang mendapat banyak sinar matahari.

Pastikan Anda mengganti air setiap beberapa hari, dan Anda akan melihat akar baru mulai terbentuk dalam waktu seminggu. Setelah akarnya mencapai panjang satu atau dua inci, pindahkan ke dalam pot berisi tanah, atau terus simpan di dalam air dan nikmati daun bawang segar selama beberapa minggu.

2. Wortel

wortel

Anda dapat dengan mudah menanam sayuran wortel di dalam air dengan memasukkan bagian atas wortel ke dalam air sambil menjaga sisi potongannya menghadap ke bawah. Gantilah air setiap 3-5 hari, dan Anda akan mulai melihat tanaman hijau bertunas dalam waktu sekitar seminggu.

Anda bisa memasak sayuran wortel seperti bayam dan menambahkannya ke dalam sup, semur, atau sebagai hiasan beraroma.

3. Seledri 

Menanam seledri di air tidak membutuhkan banyak keahlian. Pertama-tama, potong saja pangkal seledri dan buang daun terluarnya. Kemudian masukkan ke dalam stoples atau wadah berisi air sambil memastikan alasnya terendam seluruhnya.

Baca Juga: Daftar Bunga yang Melambangkan Kesembuhan, Cocok Jadi Hadiah Teman dan Keluarga

Anda akan melihat daunnya tumbuh dalam beberapa minggu jika Anda menyimpan toples di tempat yang terkena sinar matahari dan mengganti air setiap beberapa hari. Gunakan daun segar ini dalam salad dan sandwich Anda.

4. Bok Choy

Ini adalah sumber kaya vitamin yang dapat Anda gunakan dalam tumisan Anda. Untuk menanam Bok Choy di air, potong bagian bawah bok choy yang akarnya masih menempel dan masukkan tunggulnya ke dalam mangkuk dangkal berisi air.

Simpan mangkuk di tempat yang terkena sinar matahari tidak langsung, seperti di ambang jendela atau meja. Bok Choy Anda akan mulai tumbuh kembali dalam 1-2 minggu.

5. Kubis

Sayuran berdaun hijau ini disukai karena nutrisi dan kegunaan kulinernya. Untuk menanamnya di air, potong bagian bawah kepala kubis dan letakkan di wadah dangkal berisi air.

Baca Juga: Manfaat Jus Lemon untuk Tanaman, Simak Kegunaan dan Hasilnya yang Luar Biasa

Mungkin diperlukan waktu hingga tiga bulan untuk matang, dan Anda bisa memanennya saat daunnya sudah berkembang sempurna.

6. Bawang Putih Hijau 

Anda harus mulai dengan memasukkan siung bawang putih ke dalam mangkuk dangkal dengan beberapa inci air. Jagalah kesegaran air dan letakkan toples di tempat yang terkena sinar matahari, dan dalam beberapa hari, Anda akan melihat tunas-tunas hijau bermunculan.

Panen daunnya dan gunakan mentah dalam salad, sup, tumis, dan lauk pauk. Anda juga bisa menambahkan rasa gurih pada sandwich dan membungkusnya.

7. Selada 

Tahukah Anda, Anda bisa menumbuhkan kembali selada dari tunggulnya di dalam air? Potong saja satu inci di atas pangkalnya dan buang daunnya. Tempatkan tunggul ini di dalam mangkuk dangkal berisi air dan simpan di tempat yang terang.

Nah itulah beberapa daftar sayuran yang bisa ditanam di air. Cara ini memudahkan Anda yang ingin menanam sayuran tanpa memerlukan ruang luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News