Keluarga

6 Cara Pintar Dapat Kerja Lebih Mudah dari Biasanya, Fresh Graduate Wajib Simak

6 Cara Pintar Dapat Kerja Lebih Mudah dari Biasanya, Fresh Graduate Wajib Simak

MOMSMONEY.ID - Melamar kerja terkadang jadi suatu hal yang bikin putus asa sebagian fresh graduate. Namun kini, ada banyak cara pintar dan kreatif yang bisa dilakukan untuk dapat kerja lebih mudah dari biasanya.

Sudah ratusan kerjaan yang Anda lamar tak menghasilkan apapun? Barangkali ada banyak hal yang harus Anda evaluasi.

Melansir dari Save the Students, Anda bisa mengevaluasi banyak hal, mulai dari pengalaman magang, keahlian yang dimiliki, hingga pendekatan saat melamar kerja.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk bisa dapatkan kerja secara cepat. Melansir dari Indeed, Wisestep, dan Save the Students, simak selengkapnya.

Baca Juga: 5 Poin Penting Ini Harus Ada di CV Lamaran Kerja, Simak Apa Saja

Gunakan sosial media

Cara pintar dapat kerja lebih mudah daripada biasanya bisa melalui media sosial. Medsos bisa Anda manfaatkan sebagai sarana mencari, bahkan melamar kerja secara profesional.

Anda bisa berkecimpung di banyak industri, terutama industri kreatif yang sekarang sedang banyak dicari.

Networking secara online

LinkedIn

Networking secara online melalui platform LinkedIn juga menjadi salah satu cara pintar untuk dapatkan kerja lebih mudah.

Anda bisa melakukan berbagai macam hal seperti: bergabung dalam grup diskusi yang Anda minati, mengikuti perusahaan yang Anda suka, hingga mengomentari setiap posting secara profesional.

Baca Juga: Ini yang Menyebabkan Biaya Pernikahan Anda Lebih Mahal

Manfaatkan metode rekomendasi karyawan

Salah satu cara yang sering digunakan perusahaan dalam menjaring karyawan baru adalah dengan metode employee referral atau rekomendasi dari pegawai internal perusahaan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan hal ini, tentu Anda harus memanfaatkan jaringan relasi dengan teman-teman yang terjun di bidang tersebut.

Jadilah orang yang menarik & percaya diri

Saat melamar pekerjaan, Anda harus menjadi seseorang yang menarik dan percaya diri. Kepercayaan diri tak hanya dapat membangun mental jadi lebih positif, tapi juga membuat kesan yang baik bagi para rekruter.

Setidaknya, Anda akan lebih menonjol dalam ingatan para rekruter ketika di tahap berikutnya. Namun, pastikan kepercayaan dirimu sesuai dengan CV dan keahlian yang dilamar.

Baca Juga: Pengen Kerja Freelance? 5 Website Ini Sediakan Banyak Lowongan Kerja Freelance

Buat situs web profesional

Untuk menunjukan kredensialmu, coba buat situs web profesional yang lengkap dengan seluruh pengalaman serta keahlianmu.

Melansir Indeed.com, sertakan halaman terpisah yang mencantumkan resume, surat lamaran, hingga pengalaman berorganisasi maupun pengalaman magang.

Dalam blog tersebut, Anda juga dapat mempromosikan diri secara profesional dan semenarik mungkin.

Ikuti magang

Mengikuti magang adalah cara paling mudah untuk menjaring kerjaan secara profesional di tahap selanjutnya.

Baca Juga: Tips Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate dan Cara Tepat Mengirim Lamaran Kerja

Melansir Save the Students, fresh graduate dapat memanfaatkan ilmu saat magang untuk memutuskan apakah akan benar-benar terjun di bidang tersebut atau tidak.

Namun, hindari magang tanpa dibayar. Sebab ada banyak perusahaan yang hanya ingin mengambil keuntungan dari generasi muda tanpa harus membayar hak-hak mereka.

Itu dia cara pintar dapat kerja lebih mudah dari biasanya. Cara-cara di atas wajib dicoba oleh para fresh graduate, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News