BisnisYuk

Confluent Melengkapi Penawaran Apache Flink dengan Fitur Developer Baru

Confluent Melengkapi Penawaran Apache Flink dengan Fitur Developer Baru

MOMSMONEY.ID - Confluent Inc, perusahaan data streaming, memperkenalkan kemampuan baru pada Confluent Cloud untuk membuat pemrosesan streaming dan data streaming menjadi lebih mudah diakses dan aman. 

Dukungan baru Confluent untuk Table API membuat Apache Flink tersedia untuk pengembang Java dan Python. Selain itu,  produk Private Networking Confluent berguna untuk memberikan perlindungan perusahaan untuk kasus penggunaan dengan data sensitif. 

Ada juga produk Confluent Extension untuk Visual Studio Code yang dapat mempercepat pengembangan kasus penggunaan real-time dan Enkripsi Client-Side Field Level dapat mengenkripsi data sensitif untuk keamanan dan privasi yang lebih kuat.

"Kekuatan sebenarnya dari penggunaan Apache Flink untuk pemrosesan streaming memberdayakan para developer untuk membuat aplikasi yang secara instan menganalisis dan merespons data real-time, secara signifikan meningkatkan daya tanggap dan pengalaman pengguna," ujar Stewart Bond, Research Vice President di IDC, dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, Stewart mengatakan, solusi Apache Flink yang terkelola dengan baik dapat menghilangkan kerumitan manajemen infrastruktur sekaligus menghemat waktu dan sumber daya. 

"Bisnis harus mencari solusi Flink yang terintegrasi secara mulus dengan alat, bahasa pemrograman dan format data yang telah mereka gunakan untuk memudahkan implementasi ke dalam alur kerja bisnis," kata Stewart. 

Semakin banyak bisnis yang mengandalkan pemrosesan stream untuk membangun aplikasi dan pipeline real-time untuk berbagai kasus penggunaan yang mencakup machine learning, pemeliharaan prediktif, rekomendasi yang dipersonalisasi serta fraud detection. 

Baca Juga: Mimin Luncurkan Teknologi Voice AI untuk Tingkatkan Customer Experience

Pemrosesan stream memungkinkan organisasi memadukan dan memperkaya data mereka dengan informasi di seluruh bisnis mereka. Apache Flink adalah standar de facto untuk pemrosesan streaming

Namun, banyak tim yang menemui kendala dengan Flink karena secara operasional rumit, sulit untuk diamankan dan memiliki biaya infrastruktur dan manajemen yang mahal.

"Ribuan tim sudah menggunakan Apache Flink sebagai solusi pemrosesan streaming tepercaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan merampingkan operasional dengan mengalihkan pemrosesan lebih dekat ke sumbernya, di mana datanya masih baru dan bersih," sebut Shaun Clowes, Chief Product Officer Confluent.

Jadi inovasi fitur-fitur dari Confluent, dapat  memudahkan para pengembang dari semua tingkat keahlian untuk memanfaatkan teknologi canggih untuk kasus-kasus penggunaan yang lebih kritis dan kompleks. 

Dukungan Confluent untuk Table API memperluas Flink ke tim dengan pengalaman Java atau Python Confluent Cloud untuk Apache Flink menawarkan SQL API. Ini adalah sebuah fitur yang kuat dan mudah digunakan untuk memproses aliran data. 

Meskipun Flink SQL efektif untuk menulis dan mengeksekusi query dengan cepat, beberapa tim lebih menyukai bahasa pemrograman seperti Java atau Python yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas aplikasi dan data mereka. 

Hal ini dapat menjadi sangat penting ketika mengembangkan logika bisnis yang kompleks atau pengerjaan proses khusus. Menambahkan dukungan untuk Table API ke Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer Java atau Python untuk dengan mudah membuat aplikasi streaming menggunakan alat bantu yang sudah dikenal. 

Baca Juga: UNDP dan IBM Meluncurkan Solusi Baru Untuk Memprediksi Akses Energi

Dengan mendukung Flink SQL dan Table API, Confluent Cloud untuk Apache Flink memungkinkan developer memilih bahasa terbaik untuk kasus penggunaan mereka.

Dukungan untuk Tabel API memungkinkan perusahaan untuk:

  • Meningkatkan fleksibilitas bahasa dengan memungkinkan pengembang menggunakan bahasa pemrograman pilihan mereka, memanfaatkan fitur-fitur khusus bahasa dan operasi khusus.
  • Merampingkan proses coding dengan memanfaatkan integrated development environment (IDE)  pilihan pelanggan yang menampilkan penyelesaian otomatis, alat refactoring dan pemeriksaan waktu kompilasi untuk memastikan kualitas kode yang lebih tinggi dan meminimalkan masalah waktu proses.
  • Mempermudah proses debugging dengan pendekatan berulang untuk pemrosesan data dan integrasi CI/CD yang efisien.

"Kami menata ulang layanan keuangan dan sangat penting bagi kami untuk mengadopsi teknologi baru yang tidak hanya melindungi pelanggan kami, tetapi juga mudah digunakan oleh tim kami," ungkap Shujahat Bashir, Director of Software Engineering Thrivent. 

Data streaming dan pemrosesan aliran data dapat membantu deteksi penipuan secara real-time, dan pemrosesan pembayaran untuk pengalaman pelanggan yang luar biasa. 

"Kami sangat menantikan untuk menggunakan fitur-fitur baru Apache Flink dari Confluent, termasuk Private Networking, Flexible Schema Management dan Tabel API untuk memperluas kekuatan Flink ke bahasa dan gaya pengembangan yang sudah kami gunakan saat ini," kata Shujahat. 

Baca Juga: Peluncuran Skincare Pro Aesthetic Simulator, Inovasi Terbaru Dunia Kecantikan

Dukungan untuk Tabel API tersedia untuk ditinjau terlebih dahulu dan tersedia untuk tujuan pengujian dan eksperimen. Ketersediaan untuk umum akan segera hadir. Mengaktifkan Private Networking untuk Flink dapat menyediakan lingkungan yang aman untuk beban kerja data streaming

Dengan semakin banyaknya data yang dimiliki dan semakin banyaknya tim yang menggunakan solusi cloud dan hybrid, jaringan privat menjadi sangat penting untuk melindungi dari akses yang ilegal dan ancaman siber. 

Confluent Cloud kini menawarkan dukungan jaringan privat untuk Flink, memberikan lapisan keamanan yang sangat penting bagi bisnis yang perlu memproses data dalam lingkungan dengan peraturan yang ketat.

Dengan mengaktifkan jaringan privat untuk Flink, pengguna Confluent dapat:

  • Meningkatkan keamanan dan privasi data antara Flink dan Kafka dengan melindungi data yang sedang transit dan memastikan koneksi yang aman antara klien dan Flink dalam jaringan pribadi.
  • Menyederhanakan konfigurasi jaringan yang aman, sehingga lebih mudah untuk mengatur koneksi pribadi tanpa memerlukan keahlian jaringan yang luas.
  • Memfasilitasi pemrosesan aliran yang fleksibel dan aman dengan menggabungkan dan memproses data secara mulus di berbagai cluster Kafka, memastikan aksesibilitas data dengan tetap mematuhi protokol keamanan yang ketat.

Selanjutnya: Hingga Agustus, Nilai Transaksi Kripto Tembus Rp 48 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News