BisnisYuk

UNDP dan IBM Meluncurkan Solusi Baru Untuk Memprediksi Akses Energi

UNDP dan IBM Meluncurkan Solusi Baru Untuk Memprediksi Akses Energi

MOMSMONEY.ID - IBM dan United Nations Development Programme (UNDP),  meluncurkan model interaktif terbaru untuk energi pada platform UNDP global yaitu GeoHub. Solusi inovatif ini memanfaatkan teknologi seperti IBM watsonx AI dan platform data untuk membantu para pengguna, dari pembuat kebijakan tingkat nasional, komunitas, hingga masyarakat umum, menganalisis isu-isu energi kompleks melalui kecerdasan buatan (AI), serta memberi akses kepada solusi lainnya guna membantu dalam pengambilan keputusan berbasis data terhadap transisi energi yang adil.

“Kami dengan bangga memperkenalkan solusi yang menunjukkan kekuatan teknologi untuk memberikan dampak positif bagi keberlanjutan dalam lingkungan dan komunitas kita," kata Justina Nixon-Saintil,  Vice President IBM dan Chief Impact Officer IBM dalam keterangan tertulis. 

Solusi ini menggabungkan pengetahuan dan kepemimpinan global UNDP dalam pembangunan berkelanjutan dan inovasi IBM di bidang Kecerdasan Buatan (AI) serta hybrid cloud. Dengan membuka akses kepada publik terhadap model-model AI yang inovatif, IBM bertujuan untuk memberdayakan para pemimpin, organisasi dan anggota komunitas yang memiliki kesamaan visi untuk membuat keputusan energi strategis yang berdampak positif di seluruh dunia. 

Sebagai bagian dari Data Futures Exchange (DFx) milik UNDP, Geohub telah menjadi ekosistem sentral bagi data dan layanan geospasial. Geohub menyediakan sebuah platform yang memberikan kemudahan dalam mengunggah, memvisualisasi dan menganalisis kumpulan data, menggabungkan data berbasis waktu dan geografis dengan citra satelit. 

GeoHub mendukung pendekatan yang granular, terlokalisasi, serta evidence-based terhadap tantangan pembangunan dan pembuatan kebijakan yang terintegrasi, mulai dari menentukan distribusi akses listrik di tingkat subnasional, hingga menilai tingkat kerentanan komunitas terhadap dampak perubahan iklim.

“Kolaborasi inovatif UNDP dengan IBM dapat membantu negara-negara dalam mengoptimalkan pengembangan data dan teknologi inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup serta menjaga planet," kata Laurel Patterson, Kepala Tim Integrasi SDG UNDP, UNDP Bureau for Policy and Programme Support dalam keterangan tertulis. 

Solusi yang IBM buat bersama menyediakan bukti yang terpercaya sebagai dasar untuk membantu negara-negara membuat kemajuan yang signifikan dan nyata dalam menuju transisi energi yang adil. "Investasi nol bersih dan strategi pembangunan yang berpusat pada masyarakat sangat penting untuk mempercepat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals - SDGs," kata Laurel. 

UNDP dan IBM bekerja sama selama lebih dari 2 tahun melalui program IBM Sustainability Accelerator. Proyek ini dimulai dengan kolaborasi yang dilakukan dalam IBM Garage, dan menghasilkan kemajuan dalam UNDP GeoHub dengan dua model inovatif: Model AI untuk Prediksi Akses Listrik (Electricity Access Forecasting) serta model geospasial statistik untuk Indeks Kesetaraan Energi Bersih (atau Clean Energy Equity Index). 
 
Model AI untuk Prediksi Akses Listrik menggunakan IBM watsonx AI and Data platform, IBM Cloud, serta open- source machine learning library untuk menyediakan perkiraan di masa depan terkait akses listrik hingga tahun 2030, dengan mengevaluasi serangkaian faktor termasuk populasi, infrastruktur, urbanisasi, elevasi, dan data satelit serta data penggunaan lahan yang disediakan oleh IBM Environmental Intelligence. 

Dengan memodelkan faktor-faktor ini untuk membuat perkiraan masa depan, model Electricity Access Forecasting memberikan keunggulan yang berbeda dibandingkan model umum yang tersedia saat ini. Model ini berisi data dari 102 negara di seluruh dunia bagian Selatan, termasuk di Afrika, Asia Pasifik (Indonesia), Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Baca Juga: AI Membantu Perusahaan Mengurangi Jejak Karbon Sekaligus Meningkatkan Margin

Indeks Kesetaraan Energi Bersih, dikembangkan oleh IBM dan UNDP bersama dengan Stony Brook University, merupakan model geospasial statistik pertama yang menggabungkan analisis geospasial dengan faktor-faktor lingkungan, ekonomi, dan sosial, seperti pendidikan, emisi gas rumah kaca, dan kekayaan secara relatif, untuk menghasilkan skor Kesetaraan Energi Bersih antara 0 hingga 1. 

Skor ini mencerminkan peluang pengembangan energi bersih serta urgensinya, melalui perspektif keadilan dan transisi yang adil. Dalam dasbor ini, pengguna GeoHub juga dapat secara individual melihat dan menyesuaikan setiap faktor lingkungan, ekonomi, atau sosial yang dianalisis dalam model, untuk mengevaluasi faktor-faktor mana yang memiliki dampak terbesar terhadap akses yang adil terhadap energi bersih, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Model ini menyediakan data dari 53 negara di Afrika.
 
Selama ini, model-model terkini tidak selalu memberikan akses secara leluasa bagi semua pengguna. IBM dan UNDP bertekad untuk menciptakan solusi bersama yang dapat membuka akses publik yang tidak dipungut biaya dengan informasi energi bersih yang kompleks dan teknologi terkini, sekaligus menyediakan informasi sumber daya energi yang penting bagi para regulator, pemerintah, jurnalis, dan pengambil keputusan.

Selanjutnya: Filipina Harapkan Intervensi AS Jika China Mengambil Bangkai Kapal Peninggalan PD II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News